Kalsel

Haul Guru Sekumpul, Kapolda: Partisipasi Masyarakat Sangat Membantu

apahabar.com, MARTAPURA – Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani turun langsung menjamin keamanan Haul Guru Sekumpul ke-15,…

Featured-Image
Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani turun langsung menjamin keamanan Haul Guru Sekumpul ke-15, Sabtu (29/2). apahabar.com/Ahya Firmansyah

bakabar.com, MARTAPURA – Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani turun langsung menjamin keamanan Haul Guru Sekumpul ke-15, Sabtu (29/2).

Yazid hadir berbaur di tengah ribuan jemaah haul ulama karismatik KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani.

Selain itu, orang nomor satu di Polda Kalsel ini menyempatkan ikut langsung salat magrib berjemaah.

Tak sungkan, jenderal bintang dua itu tampak ikut membantu jemaah yang sibuk seliwar-seliwir untuk mendapatkan saf shalat.

“Ayo sini, gabung di sini saja,” ajaknya kepada sejumlah jemaah Haul agar satu saf dengannya dan sejumlah perwira polisi.

Yazid pun khidmat bersama jemaah yang sudah memadati area Kota Martapura khususnya Sekumpul mulai siang tadi untuk melaksanakan salat berjemaah.

“Jadi ini sudah masuk H-1, jemaah sudah memadati Sekumpul. Wisata religi Haul Guru Sekumpul ini kita mengharapkan Haul kali ini aman dan tertib tidak ada terjadi apa-apa,” ungkapnya kepada bakabar.com usai salat.

Yazid sendiri bersyukur dengan pengalaman Haul yang sudah-sudah. Masyarakat Kalsel, menurutnya sudah terbiasa melayani sehingga mampu memberikan rasa nyaman kepada para jemaah luar kota yang datang.

“Kita melihat partisipasi masyarakat kita, rumah pribadi, ruko dan rumah makan dijadikan tempat makan-makan gratis untuk menerima jemaah Haul lainnya,” ujarnya.

Ini menurutnya, menunjukkan bahwa masyarakat Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura sangat antusias menyambut Haul Guru Sekumpul.

Terkait pengamanan jalur lalu lintas pada acara puncak Haul besok, Kapolda telah mengoordinasikannya dengan seluruh jajarannya.

Sehingga kepadatan jemaah yang sudah terlihat hari ini bisa diantisipasi pula esok hari pada saat puncak Haul.

“Hari ini kita coba buka tutup jalan, namun kita sudah tutup jalur utama. Kita lihat jemaah sudah begitu padat, dan untuk besok juga tetap sama kita alihkan dan tutup jalur utama untuk mengantisipasi kepadatan jemaah,” pungkasnya.

Baca Juga:Haul Guru Sekumpul, Saiful Kayuh Gerobak Sampah ke Martapura

Baca Juga:H-1 Haul Guru Sekumpul, Polisi Jamin Keamanan Jemaah di Batola

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner