Religi

Gelar Pasukan, 25 Ribu Relawan Siap Amankan Haul Guru Sekumpul ke 15

apahabar.com, MARTAPURA – Puluhan ribu personel dari berbagai lintas sektor siap mengamankan pelaksanaan Haul Abah Guru…

Featured-Image
Pemetaan arus lalu lintas haul Abah Guru Sekumpul ke 15.Foto-apahabar.com/ Musnita Sari

bakabar.com, MARTAPURA – Puluhan ribu personel dari berbagai lintas sektor siap mengamankan pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul ke 15 pada akhir pekan nanti.

“Kapolda perintahkan mengantisipasi kegiatan haul ini karena prediksi Bupati memang lebih banyak dari tahun lalu,” ucap Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Aneka Pristafuddin kepada awak media usai memimpin apel gelar pasukan di RTH Ratu Zalecha Martapura, Selasa (25/2) pagi.

Selain untuk mengetahui jumlah personel yang terlibat dalam pelaksanaan haul, apel gelar pasukan juga untuk memastikan kesiapan baik tim pengamanan hingga sarana dan prasarana yang digunakan.

“Kurang lebih 25 ribu orang kita libatkan termasuk relawan,” sebut dia

Kabupaten Banjar selaku tuan rumah sendiri mengerahkan personel yang terdiri dari 845 personel Polres Banjar, 400 personel TNI, 550 personel Satpol PP dan Damkar, 150 personel Dishub, 1.100 personel Dinkes, 175 personel PLN, 25 personel BPBD, 20 personel Senkom dan kurang lebih 21 ribu relawan lainnya.

Tak hanya Kabupaten Banjar, Polda Kalsel juga mengerahkan bantuan kekuatan sebanyak 1.052 orang terdiri dari 560 personel Polda Kalsel, 200 personel Polresta Banjarmasin, 275 personel Polres Banjarbaru, 25 personel Polres Batola, 72 personel Polres Tanah Laut, 60 personel Polres Tapin, dan 60 personel Polres HSS.

Baik tim keamanan maupun relawan diharapkan mampu menjaga stabilitas keamanan pada pelaksanaan haul. Sehingga potensi kerawanan dapat diantisipasi dengan cepat dan tepat.

“Seluruh personel yang terlibat harus tetap mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan dengan berpedoman pada SOP yang ditetapkan,” pesan Kapolda.

Di kesempatan yang sama, Bupati Banjar, Khalilurrahman, mengatakan apel gelar pasukan ini sebagai bentuk kesiapan aparat dalam menyikapi tamu-tamu yang datang di seputar Martapura. Dia memprediksi 2 juta jemaah akan datang dan hal itu perlu pengamanan yang ekstra ketat.

“Saya terima kasih kepada Kapolda diwakili Wakapolda dalam hal menyikapi atau sudah merekayasa lalu lintas, parkir dan sebagainya,” kata Guru Khalil.

img

Wakapolda Kalsel, Aneka Pristafuddin.Foto-bakabar.com/ Musnita Sari

Baca Juga:Haul Abah Guru Sekumpul, Telkomsel Tingkatkan Jaringan dan Hadirkan 4,9G

Baca Juga:Jelang Haul Guru Sekumpul, Mobil Rental di Marabahan Habis Dipesan

Reporter: Musnita SariEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner