Tak Berkategori

8 Calon Pemandu Haji HSS Diseleksi

apahabar.com, KANDANGAN – Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) menyeleksi 8 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan…

Featured-Image
Seleksi calon pemandu haji dilakukan di di Ruang Rapat Lantai II Kantor Setda HSS, Rabu (26/02) kemarin. Foto-Istimewa

bakabar.com, KANDANGAN – Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) menyeleksi 8
Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) tahun 2020.

Seleksi dilakukan di Ruang Rapat Lantai II Kantor Setda HSS, Rabu (26/02) kemarin.

Kabag Kesra HSS, HM Thaha, mengatakan tahun ini seleksi TPHD dan TPHI dilakukan 2 kali yaitu di kabupaten dan di provinsi.

Untuk seleksi di tingkat kabupaten diambil 4 orang. Selanjutnya mereka akan diseleksi kembali di provinsi menjadi 2 orang saja.

"Satu petugas TPHI dan satunya lagi TPHD," ungkapnya seraya menambahkan untuk dana keberangkatan 2 petugas haji sepenuhnya ditanggung oleh Pemkab HSS.

Bupati HSS, Achmad Fikry, dalam arahannya menyampaikan setiap tahun pemerintah daerah mengirim petugas haji untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jemaah calon haji.

Fikry juga mengatakan setiap tahun terjadi perubahan ketentuan tentang petugas haji.

"Kalau dulu untuk menentukan siapa yang berangkat menjadi petugas haji menjadi kewenangan kepala daerah, namun sekarang harus seleksi, tidak bisa lagi ditunjuk oleh bupati," ungkapnya.

Karena tugasnya yang cukup berat, tim pemandu haji akan melewati tes kesehatan dengan ketat. Fikry pun tak ingin membebani petugas jika kondisi kesehatannya tidak memungkinkan.

"Kalau kita menugaskan orang-orang yang berpotensi punya risiko penyakit tinggi, sama saja dengan kita membebani beliau, kasihan nanti," ujar bupati.

Bupati juga berharap siapa pun yang terpilih adalah orang-orang yang terbaik dan segera mempersiapkan diri untuk menjadi petugas TPHD dan TPIH untuk mengawal para jemaah calon haji dari HSS.

"Insya Allah pian akan dibayarkan oleh Pemda. Setoran pian beda dengan tabungan haji tidak ada subsidi dari pemerintah namun tak apalah ini sudah menjadi kewajiban bagi Pemkab HSS," kata bupati.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati HSS Syamsuri, Arsyad dan Kepala Kantor Kementiran Agama HSS, H. Saribuddin.

Baca Juga:Yayasan Al-Futuwwah Jadi Solusi Penguatan Pendidikan Agama di Kandangan

Baca Juga:Zakat Profesi, ASN di HSS Donasi Rp 1000 Setiap Hari Kerja

Baca Juga: Fikry Minta Dinas Pendidikan Berkontribusi Tingkatkan IPM

Baca Juga: HSS Targetkan Serap PAD Rp 4,3 Miliar di Dua Sektor Potensial

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner