Nasional

Update Corona, Habib Banua Desak Penerbangan dari China Ditutup

apahabar.com, BANJARMASIN – Heboh penyebaran virus Corona ikut menyedot perhatian Habib Abdurrahman Bahasyim, senator di Senayan…

Featured-Image
Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (22/1/2020). Foto-Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Heboh penyebaran virus Corona ikut menyedot perhatian Habib Abdurrahman Bahasyim, senator di Senayan asal Kalimantan Selatan.

Anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) itu merekomendasikan sejumlah hal, antara lain penutupan penerbangan dari China ke Indonesia.

“Melihat penyakit Corona yang sangat berbahaya dan penyebarannya yang sangat cepat sudah ke mancanegara, saya mendesak pemerintah untuk menutup penerbangan dari China ke Indonesia,” jelas Habib Banua, sapaan karibnya, Minggu (26/1).

Penutupan sementara itu, kata dia, demi meminimalkan penyakit mematikan itu masuk ke tanah air.

Habib Banua juga mendesak pemerintah memberikan travel warning ke negara negara yang sudah terpapar virus Corona agar masyarakat tidak pergi ke sana.

“Khusus untuk masyarakat Kalsel, selalu siaga, dan jangan lengah,” ujarnya.

Ya, informasi yang dihimpun bakabar.com dari CNBC Indonesia, virus Corona telah sampai di negeri jiran, Malaysia.

Hingga Sabtu (25/1) malam, Malaysia telah mengonfirmasi kasus keempat.

Adapun pasien keempat ini adalah seorang pria berusia 40 tahun dari Wuhan, China. Wuhan tempat di mana virus tersebut berasal.

Dia tiba di Johor Bahru pada 22 Januari 2020 setelah bepergian dengan bus dari Singapura.

Bus itu mengangkut 17 wisatawan termasuk istri dan anak lelaki. Selanjutnya, pada 23 Januari 2020 dia menderita demam dan pergi ke rumah sakit terdekat.

Pusat Kesiapan dan Tanggap Krisis Nasional menerima laporan pada Sabtu kemarin, bahwa pria tersebut dinyatakan positif mengidap Virus Corona.

Pria tersebut masih menderita demam dan batuk, namun dilaporkan dalam kondisi stabil.

Dikutip bakabar.com dari AP News, korban tewas akibat virus ini meningkat menjadi 56 orang. Sudah ada 1.975 kasus yang dilaporkan sampai sejauh ini.

Jutaan orang yang bepergian selama liburan telah memicu penyebaran wabah secara nasional dan luar negeri setelah dimulai di kota Wuhan di China tengah.

Sebagian besar infeksi dan semua kematian telah terjadi di daratan Cina, tetapi kasus baru bermunculan. Selain China, adapula Korea Selatan, Singapura, ataupun Hongkong.

img

Habib Abdurrahman Bahasyim. Foto-Wikipedia

Baca Juga:Mengerikan, 52 Orang Tewas Akibat Virus Corona

Baca Juga:Siaga Corona, Bandara Syamsudin Noor Mulai Operasikan Thermal Scanner

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner