Kalsel

Termasuk Pajak Rokok, Bakeuda Kalsel Rilis Target PAD 2020

apahabar.com, BANJARMASIN – Menilik sejumlah potensi 2020, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menaikkan…

Featured-Image
Ilustrasi sektor pajak rokok. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN – Menilik sejumlah potensi 2020, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menaikkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tahun ini PAD ditarget Rp3,1 triliun atau naik 5,6 persen dibandingkan 2019 yang hanya Rp2,9 triliun.

Kepala Bidang Pendapatan Pajak Bakeuda Kalsel Rustamaji mengatakan, sumber-sumber pendapatan itu berasal dari berbagai sektor pajak. Seperti pajak PKB, BBNKB, PBBKB, PAP dan pajak rokok.

“Indikatornya juga berkat kerja keras kawan-kawan, terlebih garda terdepan kita di UPTD Samsat,” katanya, Selasa (28/1).

Rustam merincikan hampir semua lini mengalami kenaikan dari target tahun lalu. Seperti misalnya PKB naik 10 persen, BBNKB naik 7 persen lebih, PBBKB naik 3 persen lebih, PAP naik 22 persen lebih.

Yang hanya mengalami penurunan target adalah pajak rokok sebesar 6 persen. Dari Rp250 miliar menjadi Rp235 miliar atau turun sekitar Rp15 miliar di tahun 2020.

Selain itu, untuk meralisaaikan target, Bakeuda Kalsel membuat Surat Keputusan yang mewajibkan realisasi tunggakan untuk masing-masing Samsat. Dengan harapan supaya memenuhi target minimal tujuh persen.

Itu bertujuan agar masing-masing Samsat bisa mendata dan menagih pajak yang belum dibayarkan.

Dari laporan, yang paling besar memiliki tunggakan adalah Samsat di Banjarmasin. Semua tunggakan berasal dari PKB dengan total tunggakan hampir ratusan miliar rupiah.

Rustam menyebutkan, terjadinya tunggakan tersebut akibat data yang masih tidak sesuai. Seperti misalnya kendaraan sudah di pindah tangankan, namun di sistem belum tertera. Itu jadi celah sulit untuk melakukan penagihan.

“Dan juga, unit kendaraan yang rusak akibat kecelakaan, tidak di laporkan,” ungkap Rustamaji.

img

Kabid Pendapatan dan Pajak Bakeuda Kalsel. Rustamaji. Foto-bakabar.com/Rizal

Baca Juga: Tersandung Kasus Pencabulan, Ketua KPU Banjarmasin Undur Diri

Baca Juga: Ketahuan Curi Rokok, Sales Tisu Nyaris Diamuk Warga Banua Anyar

Reporter: Rizal KhalqiEditor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner