Kalsel

Polres HST dan Kodim 1002 Barabai Membaur Tanam Pohon

apahabar.com, BARABAI – Jajaran Polres Hulu Sungai Tengah (HST) bersama Kodim 1002 Barabai melaksanakan aksi menanam…

Featured-Image
Kapolres AKBP Danang Widaryanto menanam pohon pertama di wilayah Asrama Polisi yang didampingi PS Kasdim Kodim 1002 Barabai, Kapten Andi Tiro dan Wakpolres, Kompol Sarjaini, Jumat (10/1). Foto-apahabar.com/Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – Jajaran Polres Hulu Sungai Tengah (HST) bersama Kodim 1002 Barabai melaksanakan aksi menanam 500 pohon di sekitar markas kepolisian setempat.

Penanaman itu dilaksanakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional yang jatuh tiap 10 Januari.

“Penanaman ini juga sebagai bentuk Polres peduli penghijauan, sesuai gerakan kita di tahun ini,” kata Kapolres HST, AKBP Danang Widaryanto usai penanaman pertama di Asrama Polisi, Kecamatan Batu Benawa, Jumat (10/1) siang.

Adapun jenis bibit pohon yang ditanam berupa durian, mangga, ramania, tiwadak, sirsak, sarikaya dan mahoni

Sebanyak 130 personel gabungan dari Polres dan Kodim diturunkan menanam pohon saat itu.

Ratusan pohon itu ditanam di lahan yang minim dengan pepohonan seperti, sekitar asrama Polisi, lapangan tembak dan di belakang gedung baru, Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) yang terletak di Kecamatan Batu Benawa.

“Bibit itu dipilih karena memberikan manfaat jangka panjang, mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar dan memproduksi beragam buah untuk dinikmati hasilnya,” terang Kapolres.

Selain memperingati hari lingkungan hidup, kata Kapolres, juga dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia. Karena Polri menggagas program Peduli Lingkungan dengan penghijauan ini sebagai upaya mencegah bencana banjir dan longsor.

“Kapolri di awal 2020 ini memprogramkan gerakan Polri Peduli Lingkungan secara nasional yang juga sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia. Harapannya populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadi longsor,” tutup Kapolres.

Baca Juga: Cegah Bencana Alam, Polsek Angsana Tanam Pohon Buah

Baca Juga: Hijaukan Lingkungan, Polres Tanah Bumbu Tanam 8 Ribu Bibit Pohon

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner