Kalsel

Pemprov Kalsel Siapkan Dana Rp 15 M Bangun Masjid Bambu di Kiram

apahabar.com, BANJARMASIN – Tahun 2020, Pemerintah Kalsel mengalokasikan dana besar untuk pembangunan masjid di Desa Kiram,…

Featured-Image
Wilayah Kiram disulap jadi kawasan ekonomi khusus pariwisata Kalsel. Foto-Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Tahun 2020, Pemerintah Kalsel mengalokasikan dana besar untuk pembangunan masjid di Desa Kiram, Kabupaten Banjar. Dana untuk pembangunan masjid yang dirancang sebagian besar terbuat dari bambu itu tidak sedikit, yakni Rp15 miliar.

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar membenarkan hal tersebut. Dia menyebut anggaran tersebut di berikan untuk memdukung rencana kawasan ekonomi khusus pariwisata di Kiram, Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam, Mandiangin dan sekitarnya.

“Fasilitas pembangunan Masjid Bambu, rencana lokasi kita bangun di Desa Kiram, rencananya dialokasikan Rp 15 miliar di 2020,” Kata Roy usai rapat dengan Komisi III DPRD Kalsel, Kamis (2/1).

Roy menyebut ada tiga alasan Pemprov memilih lokasi di bangunnya Masjid Bambu tersebut. Pertama, demi mendukung kawasan wisata Taman Gubernur. Kedua, Daerah sekitar Kiram masih kekurangan masjid yang cukup layak. Dan ketiga, jadi ikon wisata karena masjid terbuat dari bambu.

Namun secara rinci ternyata tidak semua bangunan di buat dari bambu. Untuk pondasi dan struktur utama, akan dibuat dari beton dan sisanya akan di buat dari bambu. “Rencana bangunan bisa bertahan minimal 10 tahun, jika dengan perawatan lebih dari itu,” sambungnya.

Untuk menguatkan bambu, juga akan ada cairan kimia yang dioleskan sebagai pelapis. Dinas PU sendiri memperkirakan dengan anggaran sebesar itu masjid seluas 200 meter persegi akan selesai selama 10 bulan.

Terlebih, material utama seperti bambu akan didatangkan tak jauh dari lokasi pembangunan. Selain untuk konstruksi bangunan, Roy juga menyebut anggaran tersebut digunakan untuk biaya pembebasan lahan warga. Sehingga, tanah yang akan didirikan Masjid Bambu itu nantinya akan jadi aset Pemprov.

Baca Juga:Simpan Ekstasi di Malam Tahun Baru, Dua Pemuda Tabalong Diciduk

Baca Juga: Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel

Baca Juga: Sungai Kusambi Meluap, Bhabinkamtibmas Maju Makmur Imbau Warga Selalu Waspada

Baca Juga: Ketua Komisi III DPRD Minta Maaf Usai Larangan Meliput Rapat Komisi

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner