Pemkab Hulu Sungai Tengah

HGN ke-60, Wabup Berry Ajak Siswa MAN 1 HST Hidup Sehat

apahabar.com, BARABAI – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (Wabup HST), Berry Nahdian Forqan memerlukan remaja yang…

Featured-Image
Wabup HST Berry Nahdian Forqan mengecek para siswa MAN 1 HST. Foto: Artha/Kominfo HST for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (Wabup HST), Berry Nahdian Forqan memerlukan remaja yang produktif, kreatif dan kritis demi kemajuan bangsa, khususnya Bumi Murakata.

Hal itu dikatakan Wabup saat memimpin upacara bendera untuk memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-60 di halaman sekolah MAN 1 HST, Senin (27/1).

“Remaja yang sehat memiliki pemikiran yang kritis, kreativitas serta dapat memaksimalkan produktivitas. Sehat bukan hanya dilihat dari fisik, tetapi juga kognitif, psikoligis dan sosial. Perkembangan saat remaja sangat menentukan kualitas seseorang untuk menjadi individu dewasa,” kata Wabup di depan para guru dan pelajar MAN 1 HST.

Baca Juga: Predikat SAKIP Naik, Pemkab HST Terima Penghargaan dari Menpan RB

Sesuai tema Peringatan HGN yakni, “Gizi Optimal Untuk Generasi Milineal,” wabup juga mengajak memerangi triple burden (penyakit yang seharusnya sudah teratasi-red) seperti infeksi, penyakit tidak menular misalnya masalah gizi, obesitas dan kekurangan zat gizi makro, seperti anemia juga masih menjadi tantangan besar.

Penyakit itu, kata Wabup, ancaman besar bagi negara. karena akan berdampak pada menurunnya kualitas sumber daya manusia.

Salah satu komponen terpenting dalam pembangunan kesehatan adalah terpenuhi kebutuhan gizi masyarakat terutama pada periode 1000 hari pertama kelahiran dan saat remaja.

Sesuai dengan amanat Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Kirana Pritasari, kata wabuppembangunan kesehatan sebagai investasi utama adalah sumber daya manusia. Karena investasi itu akan memberikan manfaat jangka panjang dan berkelanjutan.

img

Wabup HST Berry Nahdian Forqan membacakan amanat sesuai dengan amanat Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Kirana Pritasari saat upacara Peringatan HGN Ke 60 di MAN 1 HST, Selasa (27/1). Foto-Artha/Kominfo HST for bakabar.com

Maka dari itu, harus ada upaya bersama pemangku kepentingan melakukan peran dan fungsinya untuk mengutamakan komitmen, kampanye, konvergensi program, edukasi, akses pangan bergizi dan monitoring program.

“Dengan itu sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan tangguh dapatdiwujudkan. Agar apa yang kita cita-citakan dapat terwujud,” terang Wabup.

Usai memimpin upacara Wabup yang didampingi Kepala Kemenag dan Kepala Dinas Keshatan, Pertanian serta Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan di HST memberikan buah-buahan dan olahan ikan serta membuka forum diskusi bersama para siswa.

Baca Juga: Pemkab HST Ikuti Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah di LPEM FEB UI

Reporter: HN LazuardiEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner