Kalsel

Haul ke 15 Guru Sekumpul, DLH Banjarmasin Bantu Bersihkan Sampah dan Mobil Toilet Umum

apahabar.com, BANJARMASIN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin siap membantu penanganan sampah pasca puncak Haul…

Featured-Image
Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul digelar rapat bersama antar intansi pemerintahan yang tergabung dalam Banjar Bakula di Aula Barakat Setda Kabupaten Banjar, Kamis (30/1) pagi. Foto-Diskominfotik

bakabar.com, BANJARMASIN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin siap membantu penanganan sampah pasca puncak Haul ke 15 KH Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul yang dilaksanakan 1 Maret nanti.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, DLH Kota Banjarmasin, Marzuki SE MA saat rapat koordinasi bersama dengan sejumlah pemerintah wilayah yang termasuk ke dalam Banjar Bakula (Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Tanah Laut, Barito Kuala) di ruang Aula Barakat Setda Kabupaten Banjar, Kamis (30/1) pagi.

“Kami DLH Banjarmasin siap ikut membantu dalam penanganan sampah saat dan pasca acara haul nanti,” ucapnya.

Menurutnya, pihak DLH sudah melakukan koordinasi dengan posko induk untuk berusaha mengendalikan penggunaan plastik saat haul. “Sesuai kesepakatan, jemaah akan dianjurkan untuk meminimalisir penggunaan plastik pada saat acara haul nanti,” tambahnya.

Ada beberapa poin yang disepakati dalam rapat itu. Para jemaah dihimbau untuk membawa botol minum sendiri (tumbler), bagi para penyumbang makanan dan minuman agar bisa menghindari penggunaan botol kemasan (cup) dan pembungkus makanan yang berbahan plastik.

Pasalnya disetiap posko akan disediakan air galon untuk para petugas dan jemaah haul yang ingin melepas dahaganya.

“Dapur umum juga sudah dihimbau untuk tidak menggunakan plastik saat mengemas makanan. Selain itu para relawan juga sudah diberi arahan untuk mengumpulkan dan memilah sampah,” terang Marzuki.

Dia memprakirakan sebanyak 700 hingga 800 ton sampah pasca pelaksanaan haul nanti.

“Untuk penanganannya kita akan menargetkan selama 3 hari dan akan melibatkan ratusan armada dan ribuan relawan yang akan dibagi pada beberapa zona penanganan,” ungkap Marzuki.

Sesuai kesepakatan tumpukan sampah tersebut nanti akan disalurkan ke Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Banjarbakula yang ada di Gunung Kupang, Banjarbaru.

“Tak kalah penting untuk mengambil berkah dalam perhelatan haul akbar Abah Guru Sekumpul. Berkah haulnya dan berkah juga sampahnya bisa membantu para pemulung dan para pengumpul sampah plastik dan lainnya,” harapnya.

Selain penanganan sampah, DLH Banjarmasin juga mengirimkan satu unit mobil toilet umum untuk memberi pelayanan kepada jamaah haul yang membutuhkannya. “Iya kami kirimkan satu unit mobil toilet umum nantinya,” pungkasnya.

Baca Juga:Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul, Dinkes Banjar: Waspadai Penularan Virus Corona

Baca Juga:Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul, Lapangan Murjani Disulap Jadi Tempat Parkir dan Salat

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner