Politik

Buka Koalisi Partai, Fakih-Yazid Galang Dukungan Independen di Pilkada HST

apahabar.com, BARABAI – Fakih Jarjani dan Abu Yazid Bustami masih membuka pintu bagi partai-partai yang ingin…

Featured-Image
Calon pasangan independen di Pilkada HST 2020, Ketua Syariah DPC PKS HST Fakih Jarjani (kiri) dan Kepala Disdukcatpil HST, Abu Yazid Bustami (kanan).Foto-apahabar.com/HN Lazuardi.

bakabar.com, BARABAI – Fakih Jarjani dan Abu Yazid Bustami masih membuka pintu bagi partai-partai yang ingin berkoalisi.

Sebelumnya, keduanya mantap mencalon di Pilkada Hulu Sungai Tengah (HST) lewat jalur perseorangan atau independen.

Untuk tahu saja, Fakih merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera. Sementara, Yazid aktif menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcatpil).

Namun, pada Pemilihan Legeslatif (Pileg) 2019 lalu PKS hanya bisa meraih 3 kursi di DPRD HST. Sementara untuk maju Pilkada sedikitnya punya 6 kursi.

“Sebelum memasuki tanggal penyerahan dokumen, 19 Februari nanti, kalau ada partai yang ingin berkoalisi tentunya kami siap,” kata Fakih kepada bakabar.com.

Namun ditekankan ketua Dewan Syariah DPC PKS HST ini, selama tidak merubah pasangan maupun main mahar dirinya dan Yazid akan menerima tawaran untuk berkoalisi.

Walau saat ini masih belum ada partai yang berkoalisi dengan PKS, keduanya tetap mantap maju secara independen.

Untuk maju secara independen, syarat utama sudah disiapkan. Yakni, dukungan E-KTP minimal 10 persen atau 19.10 dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) di HST.

“Insyaallah cukup batas maksimal sebagai syarat pencalonan. 19 Februari nanti kita siap menyerahkan berkas dukungan,” kata Fakih.

Walau syarat sudah mencukupi, Fakih masih menarget hingga 25 ribu dukungan sebelum waktu yang ditetapkan KPU HST, sesuai dengan Pengumuman Nomor 340/PL.03.2/6307/KPU-KAB/X11/2019 itu.

“Sampai ini kami masih mencari dukungan, kalau-kalau ada kemungkinan dukungan rangkap. Namun untuk dukungan kami sudah meminta tanda tangan (kepada pendukungnya, Red),”kata Fakih.

Ia menekankan jika terpilih nantinya siap untuk bersinergi dengan DPRD memajukan dan membangun Banua, sebutan Kalimantan Selatan.

Selain Fakih-Yazid, sejumlah pasangan juga memilih jalur independen untuk mengarungi Pilkada HST, seperti Aulia dan Mansyah Sabri, Muslih Amri dan Abadi M, serta Tamzil dan M Ilham E.

Baca Juga: Golkar Pede Usung Paman Birin Tanpa Partai Koalisi

Baca Juga: Di Kalsel, Suara Jokowi Kalah di Kandang Partai Koalisi

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner