Kalsel

Balap Liar di Banjarbaru, Ratusan Pelajar Diamankan

apahabar.com, BANJARBARU – Aksi balap liar di wilayah perkantoran Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru kembali terjadi. Kali…

Featured-Image
Jajaran Polres Banjarbaru saat mengamankan ratusan pelajar terindikasi lakukan balap liar di sekitar perkantoran Setda Provinsi Kalsel pada Jumat (17/01) sore.Foto-Humas Polres Banjarbaru.

bakabar.com, BANJARBARU – Aksi balap liar di wilayah perkantoran Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru kembali terjadi. Kali ini, anggota Polres Banjarbaru berhasil mengamankan 165 pelajar saat melakukan patroli di sana, Jumat (17/1) sore.

Mereka diduga terlibat melakukan balap liar di lokasi perkantoran itu, tepatnya Jalan Dharma Praja Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru.

Razia yang dilakukan tim patroli unit kecil lengkap (UKL) Polres Banjarbaru ini langsung mengamankan masing-masing 152 orang laki-laki dan 13 perempuan. Rata-rata merupakan pelajar di bawah umur.

Pelaku yang diamankan berasal dari Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Banjarmasin, dan paling jauh dari Kabupaten Tanah Laut.

Selain mengamankan pelajar itu, polisi juga amankan 133 sepeda motor.

Mereka yang terindikasi melakukan tindakan balap liar tersebut kemudian diamankan ke Mapolres Banjarbaru.

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso SIK MH melalui Kasubbag Humas Polres Banjarbaru AKP Siti Rohayati SAp mengatakan, penertiban itu berdasarkan dari laporan masyarakat karena dirasa meresahkan.

“Berdasarkan dari laporan masyarakat dan laporan aplikasi SIHARAT Polres Banjarbaru, kemudian kami melakukan tindakan penertiban balap liar di sekitar Setda Provinsi Kalsel,” ujarnya kepada bakabar.com, Sabtu (18/1) pagi.

Dikatakannya, saat dilakukan penertiban, pelaku balap liar lari kocar-kacir.

“Bahkan ada yang sampai bersembunyi di perkantoran area Setda provinsi Kalsel dan di dalam semak-semak sekitar. Namun petugas yang ditempatkan di titik-titik tertentu sudah mempersiapkan dan berhasil mengamankan pelaku peserta balap liar,” terangnya.

Dalam proses penertiban yang dilakukan itu petugas di lapangan juga menemukan senjata tajam dan telah diamankan ke Mapolres Banjarbaru.

Kemudian, diduga masih ada beberapa sajam lainnya namun sempat dibuang.

“Saat dilakukan upaya penertiban, satu anggota polres Banjarbaru juga ada yang mengalami insiden tertabrak sepeda motor balap liar karena berusaha kabur dari petugas. Dan saat ini anggota tersebut berada di rumah sakit untuk mendapat perawatan,” imbuh Siti.

Pelaku balap liar yang dibawa ke Mapolres Banjarbaru kemudian diberikan tindakan penilangan.

Selain itu juga akan direkam data identitas diri beserta keluarga, seperti perekaman sidik jari dan foto wajah sebagai catatan tersendiri didalam pembuatan SKCK guna efek jera.

Setelah didata, pelaku balap liar selanjutnya dipulangkan dengan syarat dijemput orang tua atau wali. Dengan harapan dilakukan pembinaan lebih lanjut.

“Ke depan kami akan lebih intensif lagi dalam melakukan penertiban, agar para remaja tidak mengulangi dan tidak melakukan aktivitas balap liar. Karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain,” tutupnya.

Baca Juga:Bawa Sabu, Sopir di Pangambau HST Ditangkap Polisi

Baca Juga: Satu Rumah Tungku Pembuat Arang Ludes Terbakar

Baca Juga: Simpan Sabu di Kotak Sekring Listrik, Tukang Pijat di Martapura Diciduk Polisi

Baca Juga: Cegah Pungli, Polsek Batulicin Gencar Sosialisasi ke Masyarakat

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner