Nasional

Hipmi Minta Pimpinan BUMN Diisi Generasi Milenial

apahabar.com, JAKARTA – Aksi bersih-bersih Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapat apresiasi dari…

Featured-Image
Ketua BPP HIPMI, Mardani H Maming dalam acara ngopi bareng yang digelar di Cafe Rumah The Panasdalam Banjarmasin, Senin (4/11) malam. Foto-Dok apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA – Aksi bersih-bersih Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapat apresiasi dari Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H Maming.

Meski begitu, Mardani berharap Erick juga berani menempatkan generasi milenial jadi salah pimpinan di sekian banyak perusahaan pelat merah itu.

"Kami sangat mendukung aksi dari Menteri BUMN. Penting untuk daya saing BUMN ke depan dan menjadi agen pembangunan perekonomian bangsa," ujar Mardani, Selasa (17/12).

"Kita tantang senior kami Bang Erick untuk mengisi pimpinan-pimpinan puncak di BUMN dengan generasi milenials," lanjut mantan bupati Tanbu dua periode itu.

Tak hanya di BUMN, menurut Mardani, di lembaga lainnya pun harusnya ruang kepemimpinan untuk generasi milenial dibuka selebar-lebarnya.

"Kita akan menghadapi bonus demografi, penting kita mempersiapkan generasi milenial untuk 10 tahun mendatang. Mereka harus mulai dilatih dipersiapkan dari sekarang agar mampu bersaing dengan milenial-milenial dari negara lain di era pasar tenaga kerja yang semakin terbuka dan bebas antar negara," papar Mardani.

Mardani menegaskan BUMN-BUMN perlu segera melakukan regenerasi kepemimpinan, utamanya di manajemen menengah dan atas. Regenerasi dilakukan pada tingkat direksi atau minimal pada level komisaris.

Regenerasi ini dibutuhkan agar BUMN-BUMN semakin dinamis dan tak hanya itu, mampu memimpin perubahan. "Salah satu sebab BUMN kita ini agak lamban, sebab regenerasi berlangsung lamban. Kita belum punya sosok-sosok yang muda-muda seperti di private sector lainnya," ungkap Mardani.

Lebih lanjut Mardani menjelaskan di era industri 4.0 ini, rata-rata korporasi-korporasi kakap dan terkaya dunia telah dikendalikan oleh generasi muda. Di tangan anak-anak muda ini, tak perlu waktu lama bagi sebuah perusahaan untuk menjadi besar.

"Korporasi-korporasi kakap ini dikelola anak-anak muda, dengan siklus perkembangan cepat dan sangat inovatif. Generasinya sudah beda. Generasi lama sudah gagap dengan perkembangan teknologi. BUMN kita harapkan bisa adaptif," pungkas Maming.

Baca Juga: Bicara di Depan Ratusan Milenial, Ketum BPP Hipmi: Optimalkan Bonus Demografi

Baca Juga: Resmikan Sekretariat HIPMI, Mardani H. Maming Sebut akan Jadi "Rumah" Pengusaha Muda

Sumber: realitarakyat.com
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner