Pemkab Barito Kuala

Inilah Setara, Kelotok Susur Sungai Milik Pemkab Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Cukup lama memanfaatkan fasilitas pihak ketiga, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar)…

Featured-Image
Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, bersama anggota Forkopimda mengikuti pelayaran perdana kelotok wisata susur sungai Disporbudpar Batola. Foto-Humpro Setda Batola

bakabar.com, MARABAHAN – Cukup lama memanfaatkan fasilitas pihak ketiga, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Barito Kuala memiliki kelotok wisata susur sungai sendiri.

Launching kelotok yang dominan berkelir kuning dan dinamai Setara itu dilakukan di Dermaga Bupati Batola, Senin (04/11).

Peluncuran ditandai penyerahan kunci mesin perahu dari Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, kepada Gusti Ruspandi selaku Kepala Disporbudpar Batola.

“Melalui wisata susur sungai ini diharapkan meningkatkan kunjungan wisata ke Batola," harap Noormiliyani.

Dibandingkan kelotok yang biasa beroperasi sebelumnya, fasilitas Setara jauh lebih lengkap. Selain tempat duduk yang mampu menampung 24 penumpang dari total 35 penumpang, kelotok ini dilengkapi meja dan satu unit televisi.

“Direncanakan kelotok wisata ini menyusuri Sungai Barito sebanyak tiga kali seminggu. Untuk sekali trip, wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000,” jelas Ruspandi.

Sementara rute perjalanan tidak jauh berbeda. Mulai dari start dari Jembatan Pelangi di Kelurahan Ulu Benteng, dilanjutkan sentra pembuatan kerupuk ikan pipih di Desa Murung Raya.

Wisatawan juga dibawa menuju Mesjid Al Anwar Marabahan, stockpile PT Talenta Bumi, keramba ikan patin di Desa Penghulu dan Jembatan Rumpiang.

“Selain kelima titik tersebut, kedepan juga perlu ditambah beberapa tujuan lain untuk meningkatkan daya tarik,” usul Abdul Manaf, Penjabat Sekretaris Daerah Batola.

Baca Juga: Sampai 2022, 6 Puskesmas di Batola Berstatus Utama

Baca Juga: Peringati Hari Habitat, Inilah 8 Permintaan Bupati Batola

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner