Kalsel

Balamut Gusti Jamhar Buka Seminar Bahasa dan Sastra Banjar

apahabar.com, BANJARMASIN – Seni balamut membuka Seminar Pelestarian Bahasa dan Sastra Banjar yang digelar di Hotel…

Featured-Image
Gusti Jamhar Akbar saat membawakan seni madihin di Seminar Bahasa dan Sastra Banjar di Hotel Best Western Kindai Hotel, Banjarmasin, Sabtu (30/11) pagi. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Seni balamut membuka Seminar Pelestarian Bahasa dan Sastra Banjar yang digelar di Hotel Best Western Kindai Hotel, Banjarmasin, Sabtu (30/11) pagi.

Balamut dibawakan oleh Gusti Jamhar Akbar yang merupakan tokoh kesenian lamut Banjar. Gusti Jamhar merupakan keturunan ke-4 dari Raden Ngabe Jayanegara yang tercatat sebagai pencipta seni balamut Banjar.

Setelah penampilan balamut, Mona Julia alumnus Universitas Lambung Mangkurat membawakan madihin di hadapan peserta.

“Saya melihat video Pak Gusti Jamhar banyak di Youtube. Itu luar biasa. Beliau memanfaatkan teknologi di era 4.0,” kata Wakil Rektor I ULM, Aminuddin Pratama, dalam sambutannya.

Seminar tersebut banyak dihadiri kalangan intelektual Kalsel, budayawan, seniman, para guru, dan wartawan.

Koordinator acara, Dr. Sainul Hermawan, tak mengira seminar tersebut diminati banyak orang. Di sisi lain, penyelenggara menyediakan kuota yang terbatas.

“Saya juga tidak tahu apa yang membuat acara ini begitu diminati. Mungkin karena mereka penasaran,” katanya.

Seminar Seminar Pelestarian Bahasa dan Sastra Banjar akan diisi oleh sejumlah narasumber, di antaranya Prof. Drs. H Rustam Effendi, Dr. Hatmiati Masyud M.Pd, Jamal T. Suryanata, Ridho Amalia M.Pd, Dr. Ida Komalasari, dan Y.S. Agus Suseno.

Baca Juga:Seminar Pelestarian Bahasa dan Sastra Banjar Digelar Besok, Antusiasme Peserta Luar Biasa

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner