Kalsel

Pemprov Kalsel Siap Buka Pendaftaran CPNS 2019

apahabar.com, BANJARBARU – Pemprov Kalsel siap membuka penerimaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sesuai dengan…

Featured-Image
Ilustrasi PNS. Foto-Isitimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Pemprov Kalsel siap membuka penerimaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sesuai dengan rencana pemerintah yang akan dilaksanakan tahun ini.

Meski begitu, sama halnya dengan daerah lain, Pemprov Kalsel juga masih menunggu penetapan formasi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Berdasarkan ekspos dari Kementerian PAN-RB dijadwalkan penetapan formasi CPNS baru turun Oktober 2019. Tapi, sayang sepekan di Oktober ini, belum ada informasinya.

“Rencananya di 2019 ini ada penerimaan CPNS. Tetapi penetapan formasi dari Men PAN-RB ke provinsi itu Oktober,” ujar staf Sub Bidang Formasi dan Pengadaan pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalsel, Anastasya saat ditemui bakabar.com di Banjarbaru, Selasa (08/10).

“Kita menunggu juknis dan persiapan, setelah itu baru di umumkan. Perkiraan mengumumkan November,” jelas Anastasya.

Meski begitu, Pemprov Kalsel siap mengikuti aturan pemerintah pusat untuk menggelar seleksi CPNS.

Menurut Anastasya, hingga akhir tahun ini, proses penerimaan CPNS hanya sampai batas proses administrasi. Sedangkan proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dijadwalkan awal 2020.

“Infonya akhir tahun ini, sampai seleksi administrasi. Sedangkan SKD Februari dan SKB-nya Maret,” ungkapnya.

Adapun untuk tenaga pengajar dan tenaga kesehatan masih akan menjadi prioritas dalam penerimaan CPNS maupun PPPK tahun 2019 ini.

Namun sayangnya, ia tidak bisa memberikan informasi lebih jauh terkait jumlah alokasi yang diusulkan Pemprov Kalsel ke pusat.

“Pengajuan formasi calon pegawai negeri sipil maupun PPPK ini dilakukan oleh masing-masing unit kerja, melalui portal yang disediakan oleh kementerian PAN-RB. Yaitu E-formasi versi 4.0,” jelasnya.

Setelah pengajuan itu, dilakukan entry data oleh unit kerja kementerian. Kemudian ditandatangani oleh kepala daerah masing-masing.

“Prioritas bidang, balik lagi seperti tahun dulu. Ke guru dan kesehatan. Kalau di tahun 2018 ada 328 formasi. 212 guru, 50 kesehatan dan 66 teknis lainnya. Tapi tahun ini belum tahu,” pungkasnya.

Untuk diketahui penerimaan CPNS dan PPPK ini disarankan oleh Kementerian PAN-RB, menyusun sebanyak 70 persen PPPK, dan 30 persen untuk CPNS.

Baca Juga: Simak Jadwal Pengumuman dan Pendaftaran CPNS 2019

Baca Juga: 5 Syarat Peserta CPNS

Baca Juga: Bersiap, Pendaftaran CPNS Dibuka Oktober 2019

Reporter : Nurul Mufidah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner