Tak Berkategori

Kunjungan Wisata di Kalsel Naik, Ini Faktanya

apahabar.com, BANJARMASIN – Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Selatan (Kalsel), jumlah kunjungan wisatawan yang…

Featured-Image
Berada di lokasi Kantor BP3T, Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, labirin ini menjadi daya tarik tersendiri karena keunikannya dan tingkat kesulitannya. Foto-TripCanvas

bakabar.com, BANJARMASIN – Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Selatan (Kalsel), jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Banua hingga bulan Agustus mengalami kenaikan 2,94 persen lebih besar dibanding tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisata 2019 10,87 juta naik dari 2018 10,58 juta pengunjung periode Januari-Agustus.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Dahnial Kifli menjelaskan, kenaikan jumlah wisatawan tersebut efek dari perbaikan ekonomi global.

Bahkan dia menjelaskan, Industri pariwisata kini telah menjadi sektor penting, yang mendorong pertumbuhan ekonomi global. Sektor ini memberikan kontribusi yang besar, menyaingi bisnis manufaktur, layangan keuangan, bahkan usaha rintisan (startup).

Dia menyebut, secara umum sejak tujuh tahun lalu sektor pariwisata telah memberikan kontribusi yang besar bagi ekonomi dunia. Seperti pada tahun 2016, sektor ini menyumbang transaksi senilai US$ 7,6 triliun.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia Agustus 2019 mengalami kenaikan 2,94 persen dibanding jumlah kunjungan pada Agustus 2018. Begitu pula, jika dibandingkan dengan Juli 2019, jumlah kunjungan wisman pada Agustus 2019 mengalami kenaikan sebesar 4,83 persen.

“Trend positif itu dampak dari membaiknya perekonomian global dan gencarnya mempromosikan Wonderful Indonesia pariwisata di tanah air,” kata Dhanil kepadabakabar.com, Rabu (2/10).

Selain ekonomi global yang membaik, langkah sinergi antar Pemerintah daerah mempromosikan wisata melalui Wanderful Indonesia tak luput jadi alasan meningkatnya wisatawan di Kalimantan Selatan.

Diakui memang, tahun ini kata Dhanil, Kalsel banyak menggelar acara tingkat nasional. Hal tersebut, turut memancing apara wisatawan dalam dan luar negeri datang dan berkunjung di Kalsel.

Dia juga mengharapkan, meningkatnya jumlah wisata ini bisa di manfaatkan oleh masyarakat untuk memajukan ekonomi mereka.

Potensi ekonomi dari wisata tak kalah besar, bisa menopang ekonomi masyarakat jika di kelola dengan baik.

“Kedepan, kita akan terus melakukan pembinaan pada kelompok sadar wisata dan masyarakat sekitar tempat-tempat wisata,” pungkasnya.

Baca Juga:Catatan BPS Khusus Hotel Berbintang di Kalsel

Baca Juga:Baru Dilantik, Ini Gaji dan Tunjangan per Bulan Anggota DPR RI

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner