Religi

Konfercab NU HST, Kepengurusan Baru Harus Membawa Kemaslahatan

apahabar.com, BARABAI – Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Hulu Sungai Tengah (HST) bertekad memperkuat jamiyah dan memberdayakan…

Featured-Image
Ketua NU Kalsel, H Abdul Haris Makkie menyampaikan kepada Nahdiyin HST untuk jaga hubungan dengan pemerintah saat Konfercab di gedung NU Barabai, Selasa (29/10). Foto-Muayyad for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Hulu Sungai Tengah (HST) bertekad memperkuat jamiyah dan memberdayakan jemaahnya.

Tekad itu ditonjolkan saat NU menggelar Konfrensi Cabang (Konfercab) NU dengan mengangkat tema ‘Memperkuat Jam’iyyah Memberdayakan Jama’ah".

img

Forkopimda HST menghadiri Konfercab NU HST di gedung NU Barabai, Selasa (29/10). Foto-Muayyad for bakabar.com

“Secara kelembagaan, organisasi NU bisa diperkuat dengan memberdayakan jama’ah. Hal utama yakni, agar jangan sampai warga Nahdiyin bertolak belakang dengan 'Mazhab NU', Ahlussunnah waljamaah,” kata Ketua Cabang NU HST, KH M Nawawi saat Konfercab di Gedung NU Barabai, Selasa (29/10).

Dengan konfercab itu, Kiai Nawawi berharap dapat menghasilkan kepengurusan yang membawa NU lebih kuat dan istiqamah.

“Pegang teguh ajaran agama terutama menjaga dan membendung jangan sampai paham radikal bisa berkembang,” tegas Kiai Nawawi.

Kiai Nawawi mengatakan demikian bukan tanpa sebab. Saat ini Indonesia menjadi perhatian negara lain. Satu yang menjadi perhatian mereka adalah adalah NU.

“Mereka (negara lain) banyak belajar dari Indonesia yang relatif aman. Termasuk dari NU yang selalu ikut andil mempertahankan NKRI,” terang Nawawi.

img

Ketua NU HST, KH M Nawawi manyampaikan pesannya kepada Nahdiyiin untuk jaga NKRI saat Konfercab di gedung NU Barabai, Selasa (29/10). Foto-Muayyad for bakabar.com

Demikian juga dengan yang diharapkan Ketua NU Kalsel, H Abdul Haris Makkie. Dia mengatakan potensi warga NU sangat besar dalam memberdayakan umat baik melalui ekonomi politik dan sosial budaya.

“Diharapkan warga NU dapat mengatasi berbagai problem kehidupan sosial ekonomi yang masih belum layak, tingkat pendidikan yang masih rendah serta derajat kesehatan dan gizi masih kurang. Di situlah peran NU ke depan,” kata Haris saat menghadiri Konfercab itu.

Dengan Konfercab yang digelar NU Cabang HST, Haris mengharapkan program dan kegiatan yang disusun tidak lepas dari visi misi yang berpaham ahlussunnah waljamaah.

“Cintai tanah air. Yang tak kalah penting menjaga hubungan baik dengan pemerintah,” kata Haris.

Bupati HST, HA Chairansyah menyambut baik Konfercab yang digelar kedelapan kalinya sesuai amanah organisasi anggaran dasar dan rumah tangga NU.

“Besar harapan kepada seluruh Nahdliyin di Bumi Murakata. Dengan terlaksananya konferensi yang berjalan dengan baik dan lancar ini semoga menghasilkan keputusan yang semakin membawa kemaslahatan bagi umat Islam khususnya di HST,” harap Chairansyah.

Baca Juga: Hari Santri Nasional, NU HST Ajak Santri Pertahankan NKRI

Reporter HN LazuardiEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner