Kalsel

Kaltim dan Kalteng Kirim Utusan Sumpah Pemuda di Kaki Gunung Meratus

apahabar.com, RANTAU– Pemuda Tapin sukses menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda di kawasan lereng Gunung Meratus. Sebab…

Featured-Image
Sumpah Pemuda di Kaki Gunung Meratus. Foto-apahabar.com/Muhammad FauziFadilah

bakabar.com, RANTAU- Pemuda Tapin sukses menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda di kawasan lereng Gunung Meratus. Sebab Kaltim dan Kalteng pun mengirim utusan.

Acara yang dimulai dengan camping bareng bersama Tim Ruai Rindu Meratus, Sabtu, (26/10) di Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin. Kegiatan itu diikuti 250 pemuda dar berbagai kalangan, termasuk perwakilan provinsi tetangga.

Tim Ruai Rindu Meratus mengusung tema 'Kita Tidak Sama, Kita Kerja Sama'. Hal ini lah yang menarik perhatian banyak muda mudi, Kabupaten Tapin, hingga Kaltim dan Kalteng.

Upacara sederhana Sumpah Pemuda dipimpin langsung Kapolres Tapin, Bripka Eko Hadi Prayitno.

Pembacaan Sumpah Pemuda oleh Dandim 1010 Rantau, Letkol Inf Rio Neswan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan.

Ketua pelaksana, Hendra Gunawan mengatakan, kegiatan ini adalah yang pertama kali dilakukan di Tapin. Selain camping bareng dan nonton bareng Negeri Dongeng dari Non GovermantOrganisation (KUN) melalui Aksa7, Ruai Rindu Meratus tambah sempurna saat TNI dan Kepolisian ikut andil saat memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Film dokumenter Negeri Dongeng ini menceritakantentang perjuangan ekspedisi pemuda saat mendaki 7 gunung tertinggi di Indonesia.

“Kami sangat kaget banyak antusias muda mudi mendaftar sebagai peserta. Ini sejarah baru di Tapin memperingati hari sumpah pemuda di kaki Gunung Meratus,” ujar Hendra Gunawan.

Di akhir acara usai upacara,Senin (28/10), panitia mengajak peserta, tokoh masyarakat adat Dayak, TNI dan Polri untuk ikut mengibarkan bendera merah putih dengan panjang 20 Meter di atas bukit sekitaran lokasi camp.

Gunawan mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya khususnya kepada tuan rumah, masyarakat adat dayak yang telah mengijinkan menggelar acara di wilayah mereka. "Juga tak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada para peserta, TNI dan Polri," tutupnya.

Baca Juga: Peringatan Sumpah Pemuda, Milenial Diingatkan Menjunjung Tinggi Bahasa Persatuan

Baca Juga: Sumpah Pemuda, Menpora Pinta Pemuda HST Miliki Intelektual dan Skil Kepemimpinan

Baca Juga: Sayed Jafar berharap Warga Kurang Mampu Terdaftar di BPJS Kesehatan

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner