Kalsel

Jembatan Sungai Gardu I Ditarget Rampung Desember

apahabar.com, BANJARMASIN – Proyek pembangunan Jembatan Sungai Gardu I Kelurahan Sungai Lulut masih dalam proses. Sejak…

Featured-Image
Pembangunan Jembatan Sungai Gardu I masih dalam proses. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN– Proyek pembangunan Jembatan Sungai Gardu I Kelurahan Sungai Lulut masih dalam proses. Sejak dimulai pengerjaan Kamis (15/8), pembangunan infrastruktur penghubung Banjarmasin dan Kabupaten Banjar itu kini memasuki tahap pemasangan tiang pancang.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalsel, Yasin Toyib mengemukakan, saat ini kontraktor masih butuh tiang pancang sebagai pondasi jembatan Sungai Gardu I.

Kebutuhan tiang berjumlah puluhan tersebut kini dalam proses antar melalui jalur sungai dengan kapal tongkang. “Dari Pelabuhan Trisakti pindah ke kapal tongkang baru menuju Sungai Lulut,” ujarnya saat dihubungibakabar.com.

Ketika tiang pancang itu tiba, ia optimis pengerjaan pembangunan Jembatan Sungai Gardu 1 rampung tepat waktu. Sebab sesuai kesepakatan bersama tender,pengerjaan ketiga jembatan yang berlokasi di Banjarmasin Timur beres di Desember 2019.

Ketiga Jembatan tersebut adalah Sungai Gardu 1,2 dan Sungai Lulut.

Dari sana, kontraktor bersama Dinas PUPR Kalsel harus kerja ekstra supaya waktu pengerjaan sesuai target yang diinginkan.

Ketika beresnya Jembatan Sungai Gardu 1, kontraktor akan segera mengerjakan Jembatan Sungai Lulut.

Untuk Jembatan Sungai Gardu II, anggarannya masuk di APBD Perubahan jadi bertahan nantinya.

“Kita punya waktu, jadi desain kontruksi Jembatan Sungai Lulut masih kita review. Apakah nanti jembatan yang dikecilkan atau masih yang sama seperti yang didesain awal,” pungkasnya.

Melihat dari desainnya, ia menerangkan ketiga jembatan ini nanti akan dibangun dengan model girder beton.

Demikian untuk mengganti pondasi ulin yang lama. Lebarnya mencapai 10 meter dengan bentang utama sepanjang 20,6 meter.

Sedangkan soal keamanan, tentu saja jauh lebih aman. Karena dengan adanya pagar beton setinggi kurang lebih 1,5 meter, juga dilengkapi dengan trotoar untuk pejalan kaki. Lebarnya 1,5 meter.

Yang terpenting, jembatan baru tidak boleh mematikan akses sungai. Karena dibangun melengkung. Menyisakan rongga cukup tinggi. Sehingga bisa dilewati perahu.

img

Tiang pancang untuk Jembatan Sungai Gardu I dalam proses antar. Foto-Istimewa

Baca Juga:Kampanye Safety Riding, Satlantas Polres Batola Masuk Sekolah

Baca Juga:Normalisasi Sungai Terkendala Bangunan Tepi Sungai, Pemkot Mati Pikir?

Reporter: Bahaudin QusairiEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner