Tak Berkategori

Pencurian Rumah Kosong Banjarbaru, Polisi Amankan Revolver hingga Sabu

apahabar.com, BANJARBARU – Polisi berhasil menyita satu unit revolver atau senjata api genggam dari tangan pelaku…

Featured-Image
Kapolres Banjarbaru AKPB Kelana Jaya menunjukan barang bukti revolver yang diamankan dari Pani, terduga otak pencurian rumah kosong. Foto-apahabar.com/Nurul Mufida

bakabar.com, BANJARBARU – Polisi berhasil menyita satu unit revolver atau senjata api genggam dari tangan pelaku pencurian rumah kosong.

Selain itu, polisi juga mendapati narkotika jenis sabu yang kerap dikonsumsi tersangka sebelum beraksi.

Adapun senpi rakitan diamankan dari tangan Sarpani alias Pani bin Zainal Ilmi (31). Pani diduga otak pencurian dan pemberatan (pembongkaran rumah) pada Rabu pekan lalu.

Pelaku sempat naik atap rumah warga sebelum akhirnya ditangkap. Polisi sampai menerjunkan tim gabungan. Yakni, unit Buser Jatanras Polres Banjarbaru, unit Buser Polsek Banjarbaru Kota, dan unit Buser Polsek Banjarbaru Timur. Mereka turut di-backup unit Resmob Polda Kalsel.

Selain revolver, polisi turut menemukan narkotika jenis sabu-sabu. “Terungkapnya pelaku ini berawal penyelidikan pelaku yang residivis dalam perkara yang sama bongkar rumah” ujar Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya saat konferensi pers, Senin pagi.

Mulanya tim mendapat informasi bahwa pelaku tinggal di daerah kompleks Indragiri Mulya, Kota Banjarbaru. Selang kemudian, Tim melakukan penggerebekan di tempat persembunyian pelaku.

Saat digerebek pelaku sempat melarikan diri naik ke atas tembok rumah warga. Setelah kurang lebih 45 menit, pelaku berhasil diamankan saat bersembunyi di atap rumah warga.

“Sejauh ini sudah ada 14 Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang diakuinya. Dari 14 itu sementara ini baru tiga laporan yang diproses sementara ini terus dikembangkan,” ujarnya lagi

Pani, Kelana pastikan, adalah residivis sekaligus garong spesialis rumah kosong. Pani kerap beraksi seorang diri. Rumah yang jadi sasarannya lebih dulu diintai dua sampai tiga hari.

“Namun pernah juga bersama dengan temannya yang identitasnya sudah dikantongi dan dalam pengejaran petugas” sambung Kelana Jaya.

Usai memantau tersangka menggunakan jasa gojek untuk mengantar. Apabila barang curiannya banyak, Pani menyewa mobil pikap. Bahkan berani bolak-balik.

Kapolres membeberkan revolver milik tersangka dibeli dari online “Saat digeledah senjata api ada di atas talangan rumah,” kata AKBP Kelana Jaya.

Sementara terkait sabu, polisi sudah mengantongi pemasok barang haram itu ke tersangka. “Orang yang kini juga diamankan di Polres Banjarbaru,” kata dia.

Pemasok sabu itu rupanya adalah Akhmadi alias Madi. Madi sudah berhasil diamankan di kediamannya di Kompleks Pesona Cempaka Indah Kota Banjarbaru.

Saat digeledah petugas mendapati sabu-sabu di dalam sangkar burung sebanyak 4 paket.

Tersangka mengaku biasa membeli sabu-sabu itu dari hasil curian rumah kosong selama ini.

“Kami imbau kepada warga untuk hati hati jika meninggalkan rumah. Lapor ke RT, RW atau ke petugas kepolisian untuk menitipkan rumahnya agar bisa sewaktu waktu dilakukan patroli,” imbau Kapolres.

Baca Juga: Fakta Baru! Polisi Temukan 113 Video Mesum 'Vina Garut'

Baca Juga: Melawan Saat Ditangkap, Polisi Tembak Pembunuh Santri Husnul Khotimah Asal Kalsel

Baca Juga: VIDEO: Dini Hari 54 Orang Terjaring Razia Pekat, Kasus Prostusi Online Hingga Pesta Sabu

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Komentar
Banner
Banner