Tak Berkategori

Haul Surgi Mufti ke-93, Jemaah Makin Membludak

apahabar.com, BANJARMASIN – Haul ke-93 Mufti H. Jamaluddin atau yang lebih dikenal dengan julukan Surgi Mufti…

Featured-Image
Tuan Guru H Ahmad Mulkani ketika membacakan manaqib Mufti H. Jamaluddin atau Surgi Mufti. Foto-Capture Youtube Aswaja.net

bakabar.com, BANJARMASIN - Haul ke-93 Mufti H. Jamaluddin atau yang lebih dikenal dengan julukan Surgi Mufti diperingati pada Senin (9/9/2019) pagi. Jemaah yang hadir di tahun ini diperkirakan lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Kawasan kubah Surgi Mufti di desa Sungai Jingah, Banjarmasin, dipadati puluhan ribu jemaah. Jumlah tersebut diperkirakan lebih banyak dari jemaah haul tahun lalu.

Salah satu relawan, Abdul Muidz yang bertugas di bagian parkir kendaraan roda 2 mengakui banyaknya jemaah yang hadir di haul tahun ini.

"Tiap tahun selalu bertambah," ujarnya.

Hal ini, sambung Muidz, dibuktikan dengan ditambahnya kantong parkir. Sebab, kantong-kantong parkir yang disediakan seperti tahun lalu ternyata tidak lagi menampung banyaknya kendaraan jemaah.

“Tahun kemarin parkir yang kita sediakan tidak seluas ini, namun karena setiap tahunnya masyarakat yang ingin datang ke haul beliau selalu bertambah, jadi kita perluas kantong parkirnya,” ujarnya.

Muidz mengungkapkan, untuk acara tadi malam saja (Minggu malam), banyak pengendara yang harus menunggu lama untuk pulang ke rumah. Hal itu diakibatkan kantong parkir yang disediakan sangat penuh.

“Pada malam tadi, bahkan ada jemaah yang baru bisa pulang ke rumah mereka pada jam 03.00 dini harii,” bebernya.

Banyaknya jemaah yang hadir juga diakui salah seorang jemaah dari Kota Banjarbaru, Muhammad Rifqi. Menurutnya, jemaah pada haul tahun kemarin tidak sebanyak tahun ini. Dia mengaku menyadari hal itu lebih dulu, sehingga berangkat lebih pagi.

“Jadi saya datang ke acara haul ini dari jam 08.00 (Wita), jika saya datang sekitar jam 09.00 (Wita) pasti saya tidak akan kebagian tempat di dekat kubah,” ucapnya.

Rifqi menyebut, Haul Surgi Mufti pada tahun ini cukup baik pelaksanaannya. Namun dia berharap di tahun ke depan bisa lebih baik lagi.

Dia berharap, panitia bisa mengatur arus jalan pulang. Seperti, pengendara dan pejalan kaki tidak dijadikan satu.

“Mungkin pengendara roda dua bisa ditaruh di lajur sebelah kanan dan untuk pejalan kaki di lajur sebelah kiri. Agar tidak begitu macet saat jemaah pulang,” tuturnya.

Baca Juga:Ziarah ke Makam Datu Surgi Mufti

Baca Juga: Peziarah Penuhi Makam Datu Syekh Surgi Mufti Albanjari

Baca Juga: Surgi Mufti, "Berkawan" Penjajah Demi Mengurus Umat

Reporter: AHC 15
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner