Kalsel

Dorong Gemar Membaca, Dispersip Kalsel Gelar Sosialisasi di MAN 2 Model Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Gerakan literasi di kalangan generasi muda terus ditingkatkan oleh Dinas perpustakaan dan kearsipan…

Featured-Image
Dinas perpustakaan dan kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan melakukan sosialiasasi minat baca di MAN 2 Model Banjarmasin, Rabu (25/9) pagi. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Gerakan literasi di kalangan generasi muda terus ditingkatkan oleh Dinas perpustakaan dan kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan. Salah satunya melalui kegiatan sosialiasasi minat baca di MAN 2 Model Banjarmasin, Rabu (25/9) pagi.

“Karena membaca merupakan jendela dunia. Kita bisa lebih percaya diri, nyaman, wawasan luas, sosialisasi lebih enak. Jadi kita mengajak siwa-siswi dan guru-guru untuk selalu mengunjungi perpustakaan,” kata Kepala Bidang Pengolahan Perpustakaan, H Rakhmad Subekti.

MAN 2 Model Banjarmasin dipilih sebab jumlah siswa yang cukup banyak, serta minat baca yang masih tinggi untuk dijadikan sebagai tempat sosialisasi.

“Jadi untuk meningkatkan prestasi itu jangan lengah, karena prestasi bagus kemudian lupa dengan membaca,” tutur dia.

Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurliani selama ini memang gencar melakukan berbagai inovasi untuk mengajak masyarakat agar sering membaca dengan Perpus Palnam. Sebab, Perpus Palnam telah melengkapi diri dengan berbagai koleksi buku yang lengkap, serta ditunjang dengan ruangan danfasilitas yang nyaman untuk membaca.

“Jangan lupa untuk mengunjungi perpustakaan daerah kita karena lebih lengkap dan terletak di tengah kota Banjarmasin. Kita juga sudah merehab, dengan memperindah, agar pengunjung yang membaca buku lebih nyaman dengan fasilitas yang tersedia,” ungkap Rahmad.

Kunjungan Dispersip Kalsel disambut baik oleh pihak sekolah. Ketua Perpustakaan MAN 2 Model Banjarmasin, Fathiyah mengatakan kegiatan ini merupakan hal positif dan penting untuk dikenalkan kepada para murid mereka.

“Saat ini kita harus mendapatkan informasi yang update, agar mereka tidak ketinggalan informasi. Sosialisasi dari Dispersip memang baru pertama kali, tapi kami sudah sering melakukan sosialisasi intern kepada para siswa," imbuhnya.

Gerakan literasi di MAN 2 Model Banjarmasin memang sudah berjalan. Ini ditandai dengan berbagai koleksi buku yang terdapat di perpustakaan mereka. Fathiyah memaparkan sedikitnya ada lebih dari 2 ribu judul buku cetak, e-book dan referensi lainnya yang telah mereka miliki.

" Untuk selanjutnya, akan menambah koleksi buku yang di dapat dari sumbangan alumni MAN 2 Model Banjarmasin. Juga dengan membeli buku-buku lainnya lewat anggaran sekolah," papar dia

Baca Juga:Dinas Perpustakaan Balangan Gelar Pekan Gemar Baca

Baca Juga:Buru Voucher Senilai Rp10 Juta, Mahasiswa dan Pelajar Rela Antre di Gramedia

Reporter : Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner