Nasional

Berharap Ibu Kota Baru Tak Senasib Jakarta

apahabar.com, JAKARTA – Harapan agar ibu kota baru lebih baik ketimbang Jakarta dikemukakan Ketua Umum Persatuan…

Featured-Image
Jalan tol Balikpapan-Samarinda menjadi tol pertama di ibu kota baru dan akan beroperasi akhir Oktober 2019.Foto-Dok-Jasa Marga

bakabar.com, JAKARTA - Harapan agar ibu kota baru lebih baik ketimbang Jakarta dikemukakan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto.

Ia menginginkandi Kaltimnantinya dibangun dengan perencanaan yang baik. Hal tersebut untuk menghindari ibu kota baru menyamai Jakarta yang dibangun tanpa perencanaan pada zaman dahulu.

“Pertama, menjadi kota yang efisien, cerdas, smart, kemudian juga nyaman bagi penghuninya dan harus dipastikan tidak seperti Jakarta. Jadi jangan sampai jadi Jakarta kedua. Jadi, kota ini harus jadi brand of Indonesia,” ujar Heru, Senin (9/9).

Heru mengatakan, PII akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah agar ibu kota baru memiliki desain kota yang bersahabat dan mampu membawa nama Indonesia dikancah internasional. Pihaknya juga akan mengerahkan insinyur terbaik terlibat dalam proyek besar ini.

“Jangan sampai ibu kota ini hanya jadi sebuahibu kota barutapi tidak bisa dibanggakan. Untuk itu, semua hal-hal yang dimiliki insinyur akan kita kerahkan mendukung pembangunan ibu kota baru ini. Kalau sekarang apakah sudah ada desainnya? Semua insinyur Indonesia sudah terlibat di dalamnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam pembangunanibu kota baru, pemerintah harus melakukan langkah yang tepat dengan mengkombinasikan pengetahuan terkini dan perencanaan kota yang matang. Selain itu, PII juga harus melakukan penegakan aturan agar apa yang dibangun pemerintah tidak dilanggar.

“Yang diperlukan adalah kombinasi pengetahuan bagaimana membuat perencanaan kota yang baik. Dan kedua adalah yang namanya law enforcement. Jadi kita tahu bagaimana menata kota yang baik tapi juga menegakkan hukum harus dilakukan supaya tidak ada lagi pelanggaran terhadap apa yang sudah kita tanam,” tandasnya.

Baca Juga: Jadi Ibu Kota, Kementerian Tambah Kouta Jargas Penajam

Baca Juga: Sehari, Empat Kebakaran Lahan Landa Ibu Kota Baru

Sumber: Liputan6.com'
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner