Kalsel

Puluhan Hektar Lahan Kembali Terbakar di Kabupaten Banjar

apahabar.com, MARTAPURA – Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Banjar. Kali ini kobaran api menghanguskan sekitar…

Featured-Image
Anggota Polsek Mataraman saat memadamkan api menggunakan parang agar api tidak merambat ke semak yang lain. Foto – apahabar.com/Muhammad Al Madani

bakabar.com, MARTAPURA - Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Banjar. Kali ini kobaran api menghanguskan sekitar 20 ribu hektar lahan semak belukar di lokasi kebun karet milik masyarakat di Kampung Gunung Asam, Desa Bawahan Selan, Kecamatan Mataraman, Sabtu (10/08) sekitar pukul 16.00 Wita.

Menurut warga sekitar, Sunarto (46) kebakaran lahan tersebut diindikasi sengaja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Kemungkinan kebakaran ini dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya pernah ada terjadi kita menemui obat nyamuk bakar yang dikasih pentol korek di bagian ujungnya lalu dikasih bensin, hal tersebut akan bisa menjadi seperti 'bom waktu'. Namun sayangnya kali ini kita tidak melihat orang yang melakukannya,” ujarnya.

Sunarto mengatakan, pada kejadian itu kobaran api sangat cepat membesar dan menghanguskan semak belukar di lahan kebunan karet tersebut. Api sulit dikendalikan lagi, dalam upaya pemadaman, masyarakat sekitar dibantu anggota Polsek Mataraman yang dipimpin oleh Kanit Reskrim, Aiptu Andi Pratekjo.

"Upaya pemadaman kali ini terkendala dengan sumber air yang letaknya lumayan jauh dari titik api. Bahkan anggota Polsek Mataraman sampai menggunakan parang untuk menebas semak belukar agar tidak merambat ke semak belukar yang lain," katanya.

Sementara Kapolsek Mataraman, Iptu Embang Pramono melalui Kanit Reskrim, Aiptu Andi Prateknjo mengatakan, bahwa pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin untuk memadamkan api, namun karena sumber air yang lumayan jauh dari titik api jadi sulit dipadamkan.

“Kami sudah mengerahkan segala upaya untuk memadamkan api, namun karena sumber air yang sangat jauh dari titik kejadian, hal tersebut mengakibatkan kami kesulitan untuk memadamkan,” ungkapnya.

Meski demikian api berhasil dipadamkan oleh Anggota Polsek dan juga masyarakat sekitar pukul 17.00 Wita, dan api hanya mengeluarkan asap putih. “Setelah api padam kami baru bisa meninggalkan tempat kejadian,” ucapnya.

Berkaca pada kejadian tersebut, Andi mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar atau dengan sengaja membakar, karena hal tersebut dapat mengakibatkan bahaya yang cukup serius baik untuk keselamatan dan kesehatan.

"Selain itu akibat pembakaran lahan dapat mengakibatkan kabut asap, yang menganggu kesehatan," pungkasnya.

img

Baca Juga:BREAKING NEWS!!! Malam Iduladha Kebakaran Hebat Terjadi di Jalan Belitung

Baca Juga:Kepala BPBD Tala Sebut Penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan Makin Sering

Reporter: Ahc 15Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner