Nasional

Menteri Sofyan Keceplosan, Sebut Kaltim Jadi Ibu Kota Baru RI

apahabar.com, JAKARTA – Mulai terjawab teka-teki provinsi mana yang akan menjadi pengganti Jakarta. Menteri Agraria dan…

Featured-Image
Presiden Jokowi, bersama jajaran menteri utama Kabinet Kerja, meninjau kawasan Taman Hutan Raya, Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, salah satu calon kuat ibu kota negara, awal Mei lalu. Tampak mendampingi Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, dan Bupati Kukar Eddy Damansyah. Foto-Inews.id

bakabar.com, JAKARTA – Mulai terjawab teka-teki provinsi mana yang akan menjadi pengganti Jakarta.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan lokasi ibu kota baru Indonesia diputuskan di provinsi Kalimantan Timur.

“Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum,” kata Sofyan di Kemenko Perekonomian, Kamis (22/08), dikutip bakabar.com dari Detik.com.

Presiden Jokowi sudah meminta izin untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan. Ada tiga provinsi yang digadang kuat. Selain Kaltim, ada juga Kalsel dan Kalteng.

Proses pemindahan ibu kota negara pada 2019 sebagai keputusan, 2020 sebagai proses perencanaan, 2021-2023 proses pembangunan, dan 2024 mulai memindahkan pusat pemerintahan.

Sofyan mengatakan lahan seluas 3 ribu hektar telah disiapkan untuk pembangunan tahap pertama. Sementara luas keseluruhan 200-300 ribu Ha.

“Sehingga bisa bikin kota taman kota indah banyak tamannya orang bisa hidup sehat udara bersih. Kita harapkan jadi kota menarik buat dihidupi,” kata Sofyan.

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner