Sport

4-9 September, Perayaan Hari Olahraga Nasional Digelar di Banjarmasin

apahabar.com, JAKARTA – Perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 akan digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 4-9…

Featured-Image
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memimpin latihan karate sebagai persiapan pemecahan rekor MURI dalam gelaran Haornas di Banjarmasin. Foto-Instagram.

bakabar.com, JAKARTA – Perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 akan digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 4-9 September nanti. Ini merupakan kali pertama digelar di Pulau Borneo, apalagi diadakan di kawasan wisata sungai, Siring Menara Pandang.

“Kalimantan Selatan itu terkenal dengan olahraga dayung, jadi kita ingin melakukan branding olahraga air. Nanti panggungnya juga di atas Sungai Martapura menggunakan tongkang-tongkang,” kata Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta dikutip dari detiksport.com.

Sebelum even itu dilaksanakan, pada 4-8 September terlebih dulu digelar bazaar yang berasal dari UMKM daerah. Lalu, 7-8 September, seminar e-sport di hotel Rattan Inn.

Kemudian pada 8 September akan ada Gowes Nusantara sekaligus sosialisasi senam SKJDULS.

Yang menarik, di Haornas kali ini ada pemecahan rekor MURI. Khususnya untuk cabang olahraga karate, yang dimelibatkan 5.000 lebih karateka. Pemecahan rekor ini bakal dipimpin oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Menyambut itu, gubernur yang kerap disapa Paman Birin tersebut, sudah rutin menggelar latihan saban Jumat. Latihan yang digelar di halaman sekretariat daerah provinsi, Banjarbaru tersebut, juga diikuti oleh seluruh perwakilan SKPD.

“Latihan bersama ini untuk menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September. Mari kita sukseskan Haornas 2019 yang dilaksanakan di Banua kita. Jaga kebugaran. Mudahan kita sehat barataan,” ajak Paman Birin lewat akun resminya.

Atraksi yang akan ditampilkan ribuan karateka secara massal nanti berupa Kihon (Gerakan dasar) dan Kata (rangkaian gerakan dasar) Kata 1 Yan Sodan dan Kata 2 Yan Nidan yang akan diperagakan secara serempak dan bersamaan.

Sejauh ini persiapan sudah mulai nampak. Terutama di kawasan Sirin Menara Pandang, Jalan Piere Tendean Banjarmasin.

Dalam perayaan Haornas ini akan ada 23 atlet berprestasi dan tokoh olahraga yang akan menerima penghargaan. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap jasa para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa.

Haornas 2019 mengusung tema #ayoolahraga #dimanasajakapansaja. Dengan tema ini, Kemenpora ingin mengajak masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup.

Untuk lebih memassalkan olahraga di masyarakat, Kemenpora menunjuk tiga pesohor sebagai Duta Ayo Olahraga. Ketiganya adalah presenter Uya Kuya, pemain sinetron Ussy Sulistyowati dan komika Arafah Rianti.

Acara juga akan dimeriahkan dengan parade senam Indonesia Bergerak bersama 200 pedagang pasar terapung dengan perahu jukunya, parade olahraga air dan perahu nias.

Baca Juga: Empat Karateka Barut Wakili Kalteng Ikuti O2SN Tingkat Nasional di Aceh

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Aisyah Rahmawati, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Tags
Sport


Komentar
Banner
Banner