Tak Berkategori

Senin Pagi Rupiah Kembali Melemah

apahabar.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS)bergerak melemah di perdagangan pasar spot hari…

Featured-Image
Ilustrasi Rupiah. Viva.co.id

bakabar.com, JAKARTA –Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS)bergerak melemah di perdagangan pasar spot hari ini.

Dilansir CNBC Indonesia, pada Senin (22/7/2019),US$ 1 dihargai Rp 13.940 kala pembukaan pasar spot. Rupiah melemah tipis 0,07% dibandingkan kala penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Seiring perjalanan pasar, depresiasi rupiah tambah dalam. Pada pukul 08:13 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 13.955 di mana rupiah melemah 0,18%.

Sepertinya rupiah terserang aksi ambil untung. Maklum, rupiah lumayan perkasa pekan lalu bahkan menjadi mata uang terkuat di Asia.

Sepanjang minggu kemarin, rupiah menguat 0,49% di hadapan dolar AS. Sementara dolar Singapura melemah 0,17%, ringgit Malaysia melemah 0,02%, yen Jepang menguat 0,18%, dan yuan China melemah 0,02%.

Oleh karena itu, investor yang merasa sudah mendapat cuan dari rupiah pun mulai merealisasikan keuntungan. Rupiah mengalami tekanan jual sehingga nilainya melemah.

Selain faktor domestik tersebut, sebenarnya pelemahan rupiah patut dimaklumi karena mayoritas mata uang utama Asia pagi ini juga melemah di hadapan dolar AS. Hanya dolar Hong Kong yang masih mampu menguat, itu pun dalam kisaran terbatas.

Baca Juga:Ekspor Kalsel Per Juni 2019 Turun 11,17 Persen dan Impor Naik 23,55 Persen

Baca Juga:Semester Pertama 2019, City Car Ini Paling Diminati di Kalselteng

Sumber: CNBC Indonesia
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner