Kalsel

Pilkades Serentak 2019, Polres Balangan Mulai Gelar Pasukan

apahabar.com, PARINGIN – Polres Balangan mulai berbenah menghadapi pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak 2019 yang sebentar…

Featured-Image
Apel gelar pasukan guna mengecek kesiapan personel dalam pengamanan digelar di Mapolres Balangan, Rabu (31/7) pagi. Foto-Istimewa

bakabar.com, PARINGIN – Polres Balangan mulai berbenah menghadapi pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak 2019 yang sebentar lagi.

Apel gelar pasukan guna mengecek kesiapan personel dalam pengamanan digelar di Mapolres Balangan, Rabu (31/7) pagi.

Ya, sebanyak 105 Desa dari 154 Desa di Bumi Sanggam, sebutan Balangan bakal menggelar pesta demokrasi enam tahunan tersebut.

Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni membeberkan alasan mengapa apel gelar pasukan maju dari jadwal sebelumnya.

“Hal tersebut karena tahapan [Pilkades] sudah dimulai pada 29 Juli kemarin, mulai dari distribusi surat suara sudah dilaksanakan, sortir dan penghitungan dilakukan oleh panitia di kecamatan,” jelas Zamroni.

Nantinya pada 1 sampai 3 Agustus Pilkades sudah masuk dalam tahap kampanye, 4 hingga 6 Agustus masa tenang, dan pemungutan suara dan sekaligus dilakukan penghitungan 7 Agustus, atau maksimal hingga 8 Agustus.

Selain itu Pilkades kali ini pelaksanaannya cukup berdekatan dengan Pilkada Serentak, September 2020 mendatang.

“Semua tahapan ini harus kita sikapi dengan pengamanan profesional. Disesuaikan dengan kerawanan, karena [kerawanannya] cukup tinggi kita meyakini sesuai informasi intelijen dinamikanya akan lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Zamroni lagi.

“Saya berharap semua stakeholder yang ada dan masyarakat serius untuk menghadapi even ini,” terangnya sekaligus menambahkan pengamanan Pilkades kali ini Polres juga bakal dibantu Kodim 1001 Amuntai/Balangan, Pemkot Balangan, dan sejumlah kelompok masyarakat.

Baca Juga: Sambut Sertifikasi dari Dinas PUPR, Para Tukang Mengaku Senang

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Pemkot Banjarmasin Awasi Kesehatan Hewan Kurban

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner