Tak Berkategori

Lepas Calon Jemaah Haji, Ibnu Sina Titip Doa untuk Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Pelepasan calon jemaah haji (CJH) secara simbolis dilakukan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ibnu…

Featured-Image
Tuan Guru H Sofian mengimami salat berjemaah para calon jemaah haji di Masjid Sabilal Muhtadin. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Pelepasan calon jemaah haji (CJH) secara simbolis dilakukan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin pada Selasa (2/7/2019).

Dalam acara pelepasan itu, Ibnu Sina mengingatkan para jemaah calon haji agar menjaga kesehatan menjelang keberangkatan maupun saat berada di tanah suci.

Saat di tanah suci, pesan Ibnu, jika akan bepergian hendaknya selalu pamit pada ketua rombongannya.

“Jemaah harus konsentrasi untuk benar-benar menjalankan ibadah haji, insya-Allah akan berjalan aman,” harapnya.

Mantan Anggota DPRD Kalsel itu juga sempat meminta doa kepada jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk bisa mendoakan Banjarmasin agar dapat lebih baik.

“Pada kesempatan ini, yang penting titip doa bapak ibu untuk Banjarmasin secara khusus negeri kita, umumnya mewujudkan kota Barasih Wan Nyaman (Baiman),” kata Ibnu.

Baca Juga: Menag: Persiapan Haji di Tanah Suci Beres, Amirul Hajj Belum Ditentukan

Baca Juga: 143 Ribu Paspor Calon Jamaah Haji Siap Diproses Visa

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Banjarmasin, Muhammad Rofi’i mengungkapkan, total jemaah haji berjumlah 681 orang, terdiri dari 377 wanita dan 304 laki-laki.

Jemaah haji tertua berusia 92 tahun dan termuda berusia 18 tahun. Sebanyak 50 persen calon jemaah haji kota Banjarmasin ini usianya sudah diatas 60 tahun.

“Untuk hari ini kita lepas dulu, baru kita berangkatkan tanggal 5 Juli nanti,” katanya kepada ratusan calon jemaah haji.

Menurutnya, dari total jemaah yang berangkat rata-rata sudah menunggu sekitar 9 tahun lamanya untuk menunaikan rukun iman kelima itu.

Karena itu, sambungnya, menjelang keberangkatan para calon jemaah haji sudah menjalani kegiatan seperti manasik haji, pemeriksaan kesehatan, dan dokumen.

Demikian dimaksud untuk memberikan pengetahuan agar bisa menyukseskan rombongan jemaah haji asal Banjarmasin.

“Harapannya calon jemaah haji bisa menyimak manasik haji agar saat berada di sana mereka bisa mandiri, meskipun ada petugas yang kami sediakan,” bebernya.

Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia Akan Nikmati Layanan Fast Track

Baca Juga: Ini Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji Banjarmasin

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner