Nasional

Haji 2019; Kemenkes Berangkatkan Tim Advance Kesehatan

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memberangkatkan gelombang pertama tim advance dan tim manajerial Panitia…

Featured-Image
Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusup(tengah). Foto-net

bakabar.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memberangkatkan gelombang pertama tim advance dan tim manajerial Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang kesehatan pada Senin (1/7/2019). Pada gelombang pertama ini, tim yang diberangkatkan berjumlah 24 orang.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Indonesia Kemenkes Eka Jusup Singka mengatakan tim PPIH bidang Kesehatan akan berangkat ke Saudi dengan pesawat GA 980 Pukul 11.30 WIB dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng.

“Dan Insya-Allah akan tiba di Jeddah pada Pukul 17.30 waktu setempat,” kata Eka saat menyampaikan laporannya kepada Menkes pada rapat pelepasan timadvance di ruang 215 Gd Adiatma seperti dilansir Republika pada Senin (1/7).

Eka menyampaikan, keberangkatan pertama ini bersamaan dengan tim PPIH dari Kementerian Agama (Kemenag). Di Suadi, mereka akan mempersiapkan segala keperluan untuk penyelenggaraan ibadah haji di bidang kesehatan.

“Yang kita kirim pertama ini untuk mempersiapkan mulai dari alat-alatnya masih perlu di-setting dulu, semua obat diatur dengan baik dan sistem dilakukan oleh mereka dikoordinasi dengan baik,” katanya.

Pada keberangkatan ini, tim dipimpin Dokter Indro sebagai Kepala Bidang Kesehatan, Kepala Seksi Kesehatan Madinah dokter Edi Supriyatna, Kepala Seksi Kesehatan Bandara Karmidjono Pontjo Widianto, Kepala Seksi Kesehatan Makkah dokter Muhammad Imran.

Selain memperkenalkan pejabat struktural di PPIH, Eka juga memperkenalkan PPIH sesuai dengan tugas dan fungsinya. Seperti jabatan sekretaris dikerjakan Imron Cahyono, Bendahara Subkhan, Koordinator Sanitarian Rosidi Roslan, dan Kordinator obat-obatan Aryani Dwi Hartati.

Koordinator Tim Promotif dan Preventif (TPP) dokter Linda ini dari Kantor Kesehatan (KKP) Palembang, Koordinator Tim Gerak Cepat (TGC) dokter Erik dari Makassar dan petugas lainnya yang tergabung di PPIH.

“Semua teman-teman sudah siap, yang InsyaAllah akan bertugas selama 76 hari,” katanya.

Eka berharap, Menteri, Sekjen, dan Dirjen memberikan arahan dan masukan kepada PPIH yang diberangkatkan pada gelombang pertama. Arahan dari Menteri dan pejabatan lainnya sangat penting mengingat tugas PPIH tidak mudah.

“Mudah-mudahan kita berdoa bersama tahun ini tidak ada banyak kendala yang ada di sekitarnya,” terangnya.

Baca Juga: HUT Polri Ke-37, Ini Harapan Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto kepada Polri

Baca Juga:143 Ribu Paspor Calon Jamaah Haji Siap Diproses Visa

Editor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner