Tak Berkategori

Bupati HSS Minta Identitas Sasirangan Dikenakan Petugas Haji

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Drs H Achmad Fikry MAP meminta kepada petugas haji yang akan mendampingi…

Featured-Image
Bupati H Achmad Fikry saat menerima kunjungan petugas haji HSS diruang kerjanya, Jumat (05/07/2019). Foto-Humas pemkab HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Bupati Drs H Achmad Fikry MAP meminta kepada petugas haji yang akan mendampingi rombongan jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) agar memberikan pelayanan terbaik.

Petugas itu antara lain baik dari TPHD (Tim Pemandu Haji daerah), TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) dan TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia).

Baca Juga: Menjaga Kerukunan Umat Beragama di HSS

“Baju seragam sasirangan yang diberikan pemerintah daerah pun agar dipakai untuk memberikan kemudahan kepada petugas,” kata bupati Achmad Fikry saat menerima kunjungan para petugas jemaah haji di ruang kerjanya, Jumat (05/07/2019).

Fikry menambahkan pakaian sasaringan yang diberikan sebagai pentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap para JCH yang akan melaksanakan ibadah haji yaitu rukun Islam yang kelima. Sehingga baju tersebut dapat menjadi pengenal untuk para JCH Kabupaten HSS.

“Semisal kalau mau ziarah lebih mending memakai seragam yang sama. Karena lebih mudah untuk mengenali kawan. Apalagi ini tergabung dengan kloter gabungan mencari kawan saja kadang kesulitan tapi kalau seragam sama tentu akan lebih mudah,” terang Achmad Fikry.

Bupati menambahkan kadang pada praktik di lapangan berbeda dengan yang dipelajari saat manasik. Karenanya ia mengimbau perlu kesepakatan-kesepakatan para petugas dan jamaah agar jangan sampai ada kegalauan menghadapi proses ibadah ini. "Mungkin ini sudah mulai terasa, seperti harus salat dalam pesawat. Nanti manfatkan saja izin dengan kru pesawat gunakan mikrofon yang ada untuk memberikan bimbingan. (Seperti) Bagaimana cara salat dalam pesawat atau cara bertayamum. Sampaikan setengah jam sebelum masuk waktu salat," pesannya.

Untuk para petugas kesehatan, Fikry berharap agar dapat memfocuskan waktunya. Seperti harus memberi tahu apa-apa saja yang harus dihindari. Khususnya yang berpotensi menggangu kesehatan para jemaah. Karena menurut Fikry pencegahan itu lebih baik dari pada harus mengobati. "Kalau saat ini musim panas dan harus pakai masker, sampaikan saja kepada mereka," pesannya.

Bupati meminta agar setelah datang nanti para petugas bisa memberikan laporan. Dengan harapan persiapan tahun depan ada perubahan. "Kami titip jemaah HSS, mudahan mereka bisa sehat, bisa melaksanakan ibadah dengan lancar dan pulang mendapatkan haji yang mabrur," ujarnya.

Diketahui JCH HSS berangkat menuju asrama haji Banjarbaru pada hari Senin (08/07/2019). Mereka dijadwalkan masuk asrama sekitar pukul 13. 00 Wita dan masuk pesawat Selasa (09/07/2019) pukul 12.00 Wita.

Baca Juga: Penetapan Anggota DPRD HSS Terpilih Ditunda

Reporter: Simah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner