Nasional

Berduka, Presiden Jokowi Kenang Ucapan Almarhum Sutopo soal Hidup

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut berduka dan menyampaikan dukacita mendalam atas berpulangnya Kepala…

Featured-Image
Sutopo Purwo Nugroho saat bertemu dengan Jokowi. Foto – Twitter/@jokowi

bakabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut berduka dan menyampaikan dukacita mendalam atas berpulangnya Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPBSutopo Purwo Nugroho. Jokowi mengenang ucapan Sutopo soal hidup.

"Inna Lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Sutopo Purwo Nugroho di Guangzhou, menjelang dini hari tadi," tulis Presiden Jokowi dalam akun resmi Instagramnya, Minggu (7/7/2019).

Sutopo diketahui namanya masuk dalam daftar "Asians of the Year 2018" oleh The Straits Times.

Menurut Jokowi, seperti dikutip bakabar.com dari Banuanews, hingga menjelang tutup usia, Sutopo masih menunjukkan dedikasinya bagi negara dan masyarakat, dengan tetap mengabarkan informasi terkini mengenai bencana yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Sampai menjelang akhir hayatnya sebagai Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ia mengabarkan dengan cepat kejadian bencana alam (seperti) gempa bumi, longsor, tsunami, atau kebakaran yang terjadi di pelosok negeri agar kita waspada dan tidak kebingungan," tulis Jokowi.

Ada satu kalimat dari Sutopo yang masih diingat Presiden Joko Widodo. Suatu ketika Sutopo pernah menuliskan, hidup itu bukan soal panjang atau pendeknya usia. Namun seberapa besar kita dapat membantu orang lain.

"Dan ia mengamalkan kalimat itu dengan baik," imbuh Jokowi.

“Selamat jalan, Pak Sutopo. Semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberi-Nya kekuatan dan kesabaran.Amin ya rabbal alamin,” lanjutnya.

Presiden yang pada Oktober 2018 pernah bertemu langsung dengan Sutopo di Istana Kepresidenan Bogor, berharap agar segala dedikasi dan amalan almarhum semasa hidup, diterima di sisi Allah SWT. Adapun bagi keluarga yang ditinggalkan, presiden mendoakan agar senantiasa diberikan kekuatan dan kesabaran.

Sutopo menghembuskan nafasnya yang terakhir, Minggu, pukul 02.20 waktu setempat (01.20 WIB) dalam perawatan di Guangzhou. Sutopo berada di Guangzhou sejak Juni 2019 untuk menjalani perawatan terkait penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

img

Sutopo menunjukkan foto bersama Jokowi. Foto – Ray Jordan/detikcom

Baca Juga: Jenazah Sutopo Diperkirakan Tiba di Jakarta Malam Ini

Baca Juga: Turut Berduka, Kepala BPBD Kalsel Kirim Karangan Bunga untuk Almarhum Sutopo

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner