Tak Berkategori

Puncak Haul, Paman Birin Harapkan Taman Makam Datuk Kelampayan Jadi Wisata Relegius Berkelas Dunia

apahabar.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor menjanjikan taman makam Syekh Muhammad Arsyad…

Featured-Image
Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor memberikan sambutan pada puncak peringatan Haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari ke 213. Foto-Sc Al Karomah TV

bakabar.com, BANJARMASIN - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor menjanjikan taman makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari akan dibuat sebagai destinasi wisata religius berkelas dunia pada puncak peringatan Haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari di Masjid Tuhfaturraghibin, Desa Dalam pagar, Kabupaten Banjar pada Senin (10/6/2019.

"Sebagai rasa cinta ulun kepada beliau, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, di tahun lalu di tempat ini ulun katakan akan merehab atau menata taman makam beliau agar lebih baik, lebih bagus dan lebih nyaman lagi. Dan alhamdulillah, pada hari Jumat 3 Agustus 2018 dengan resmi ulun meletakkan batu pertama tanda dimulainya penataan makam kawasan makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari," tutur H Sahbirin Noor dalam sambutannya pada acara yang diawali dengan pembacaan maulid simthuddurar tersebut.

Paman Birin -akrab Gubernur itu disapa- pada kesempatan itu juga memohon doa dan dukungan agar rencana penataan makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari tersebut bisa berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

Selain kenyamanan para peziarah yang datang ke Makam Syekh Muhammad Arsyad, Paman Birin juga berkeinginan wilayah itu menjadi tempat wisata yang bisa membangun ekonomi rakyat.

"Kawasan makam ini juga nantinya dapat menjadi destinasi wisata religius berkelas dunia yang dapat dampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat khususnya, dan perekonomian di Banua Kalimantan Selatan pada umumnya," kata Paman Birin.

Dalam puncak peringatan Haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari ke 213 tampak hadir beberapa ulama dari kalangan zuriat Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, di antaranya Tuan Guru H Masdar, Tuan Guru H Wildan Salman, Tuan Guru H Fadlan Asy'ari, Tuan Guru H Hasanuddin Badruddin, Guru Muhammad Husin, Guru Zainal Ilmi, Guru H Ahmadi, dan banyak lagi yang lainnya.

Dari kalangan tokoh masyarakat, hadir pula Mantan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin, Saifullah Tamliha, Mantan Bupati Kabupaten Banjar H Khairul Shaleh.

Sementara itu, puncak peringatan haul tersebut juga dihadiri puluhan ribu jemaah yang datang dari berbagi penjuru daerah di Kalimantan.

Baca Juga: Puncak Haul Datuk Kelampayan Sedang Berlangsung, Saksikan Live Streamingnya di Sini

Baca Juga: Jemaah Haul Datuk Kelampayan Larut dalam Lantunan Syair 'Maulid Sekumpul'

Editor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner