Tak Berkategori

Medsos Cs Picu Trafik Data Telkomsel Selama Lebaran

apahabar.com, JAKARTA – Trafik layanan data Telkomsel meningkat 12,3 persen selama lebaran dipicu aktivitas di media…

Featured-Image
Jajaran Direksi Telkom Group dan Telkomsel saat melakukan pengecekan di posko Ramadan dan Idul Fitri 2019 guna memantau pergerekan dan lonjakan trafik komunikasi pelanggan Telkomsel saat momen mudik dan Hari Raya Idulfitri 1440 H. Telkomsel for apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA – Trafik layanan data Telkomsel meningkat 12,3 persen selama lebaran dipicu aktivitas di media sosial.

Trafik layanan data tertinggi terjadi pada H-1 Lebaran. Dari 19,30 Petabyte atau meningkat 12.3% dibanding hari normal. Rata-rata lonjakan tertnggi terjadi antara pukul 00:00 hingga 06:00, atau pada saat sahur.

“Umumnya didominasi penggunaan layanan media sosial yang melonjak seiring tingginya minat pelanggan mengabadikan momen Lebaran bersama keluarga,” ujar Vice President Corporate Communica?ons Telkomsel, Denny Abidin dalam siaran persnya kepada bakabar.com, Selasa siang.

Dari sisi layanan, medsos menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran dengan 30,4 %.

Diikuti video secara streaming dengan kontribusi sebesar 28,7%, panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan 15,7 %.

Sementara jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu, trafik layanan ini mengalami kenaikan sekitar 49,8%.

Adapun kenaikan trafik layanan data tertinggi terjadi di Jawa Tengah. Dengan peningkatan 44,0% dibandingkan hari normal, diikuti wilayah Jawa Barat (sebesar 31,2%) dan Jawa Timur (sebesar 26,9%).

“Penggunaan layanan data pada di momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik dan juga di beberapa di lokasi-lokasi wisata,” sambung dia.

Seperti Exit Tol Pejagan, Pompa Bensin Gentong Tasikmalaya, Rumah Makan Lestari Banjarnegara, Bandara Adi Soemarmo dan RestArea Adiwerna km 287 Tegal .

Lonjakan serupa juga terjadi di Pantai Tirtamaya Indaramayu, Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran-Batu Keras dan Taman Wisata Linggarja Kuningan.

Adapun pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sebesar 28,7%.

Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 15,7 % terhadap penggunaan layanan data.

Pada layanan video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan streaming melalui aplikasi Youtube.

Sedangkan, kontributor lain adalah aplikasi facebook, dan Instagram. Sementara itu, Google service juga jadi aplikasi favorit pelanggan. Memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar7,7%, diikuti Mobile Legend dan Tik-Tok masing-masing sebesar1,1%.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami menyadari tingginya minat pelanggan untuk memanfaatkan jaringan Telkomsel sehingga kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan," ujarnya.

Baca Juga: Rupiah Melemah di Tengah Isu Penurunan Fed Fund Rate

Baca Juga: April 2019, TPK Hotel Berbintang di Kalsel Naik 0,58 Poin

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner