Tak Berkategori

Kotabaru dan Sekitaran Masih Waspada Hujan Lebat!

apahabar.com, KOTABARU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat belum beranjak dari sejumlah…

Featured-Image
Tanggul Embung Tirawan ambruk setelah diguyur hujan deras kemarin. Foto-Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat belum beranjak dari sejumlah wilayah di Kalsel, termasuk Kotabaru. Prakiraan hari ini, nyaris seluruh wilayah Banua diguyur hujan.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tabalong, Balangan, Tapin, Barito Kuala, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru,” demikian bunyi peringatan dini BMKG Kalsel, Minggu 9 Juni.

Sedari pagi, sesuai prakiraan cuaca hari ini, hujan lokal sudah mengguyur. Memasuki siang hari, intesitas hujan bertambah tinggi, dengan guyuran hujan sedang hingga berpetir. Kondisi ini diperkirakan bertahan hingga malam hari.

Sementara, secara keseluruhan suhu udara berada di rentang 24-32 derajat celcius, dengan tingkat kelembapan 60-95 persen.

Hujan deras yang mengguyur belakangan waktu ini patut diwaspadai. Diguyur hujan deras hingga beberapa jam, Tanggul Embung Tirawan yang merupakan salah satu sumber air baku (intake) PDAM Kotabaru, Kalimantan Selatan, kemarin siang ambruk.

Menurut Humas PDAM Kotabaru Syarwani, kejadian ini murni akibat faktor alam dan tidak ada masalah dengan struktur bangunan.

Embung Tirawan yang baru diresmikan pada pertengahan 2017 memiliki kapasitas 250 ribu kubik dan menyuplai kebutuhan air bersih untuk lima ribu pelanggan lebih.

Setelah runtuhnya tanggul, embung praktis tak bisa lagi maksimal menampung air sehingga berdampak pada terganggunya distribusi air bersih ke ribuan pelanggan tersebut.

Baca Juga:Tercatat 1 Laka Lantas, Arus Balik Wilayah Batola Ramai Lancar

Baca Juga:Pilwali Banjarmasin, Ibnu Belum Pastikan Duet Lagi dengan Hermansyah

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner