Tak Berkategori

Kemenag Tapin Gelar Manasik Haji Sekaligus Bagikan Dana Hibah

apahabar.com, RANTAU – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tapin menggelar manasik (pelatihan) haji untuk 193 Jemaah Calon…

Featured-Image
Foto bersama ustaz penerima dana hibah. Foto-apahabar.com/AHC05

bakabar.com, RANTAU – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tapin menggelar manasik (pelatihan) haji untuk 193 Jemaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat tahun ini, Senin (17/6/2019).

Di sela manasik juga ada penyerahan bantuan dana hibah secara simbolis untuk ustaz dan ustazah Madrasah Diniyah Takmiliyah (FKDT), Pondok Pesantren (FKPP) dan TK/TP Al-Qur'an di Aula Pendopo Balahendang, Rantau.

Baca Juga: Dana Santunan KPPS Kalsel Diperkirakan Cair Akhir Juni 2019

"Sebanyak 193 JCH mengikuti manasik haji," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Tapin, Drs H Mahruspada sambutannya dikegiatan bimbingan manasik haji massal I bagi JCH Kabupaten Tapin.

Sebelumnya, Kasi Haji Kemenag Kabupaten Tapin, Rusman Ahmad mengatakan, bahwa dari 171 orang yang diberangkatkan terdiri dari laki laki sebanyak 75 orang dan perempuan 96 orang di dalamnya ada juga 1 petugas dari daerah, 3 jemaah lansia dan pendamping 2 orang.

“Jemaah Haji Kabupaten Tapin pada kloter 18 terdiri dari jemaah haji cadangan ada sebanyak 16 orang, diantaranya laki-laki 7 orang dan perempuan 9 orang termasuk di dalamnya lansia 3 orang tanpa pendamping,” ujarnya.

Ditambahkan Mahrus, kegiatan manasik haji ini sangat penting untuk melatih para jemaah supaya tidak bingung ketika berada di Tanah Suci.

"Minimal tahu dan bisa mempraktekkan apa saja yang harus dilakukan di Tanah Suci dan bisa secara mandiri setelah mengikuti manasik haji," katanya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Kalimantan Selatan H. Noor Fahmi menyampaikan pada sambutannya bahwa hari ini hanya pembukaan formal kegiatan manasik haji, jangan hanya mutlak belajar atau berharap kepada pembimbing, tetapi kemandirian pun pula.

"JCH harus mandiri, selain dengan adanya kegiatan manasik haji JCH pun harus saling belajar dengan teman, Tokoh Masyarakat dan dengan siapa saja yang bisa memberi pelajaran tentang manasik haji" katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kakanwil Kemenag Kalimantan Selatan, Kabupaten Tapin, Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin, Majelis Ulama Kabupaten Tapin, Forum Koordinasi Pimpinan daerah (FORKUPIMDA), Baznas Kabupaten Tapin, Dinas Kesehatan, , Kepela KUA se Kecamatan Tapin, Pimpinan BRI, Pimpinan Bank Kalsel, Pimpinan Bank Syariah Mandiri Barabai dan Seluruh pejabat dilingkungan Kemenag Tapin.

Baca Juga: Jika Jembatan Sungai Lulut Digarap, Jalur Alternatif Dimantapkan

Reporter: AHC05
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner