BKKBN Kalsel

Harganas XXVI Picu Gairah Pariwisata dan UMKM Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah sektor bisnis di provinsi Kalimantan Selatan diprediksi ketiban berkah Hari Keluarga Nasional…

Featured-Image
Wali Kota Ibnu Sina saat membuka pameran Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) UMKM Summit dan Apindo UMKM Expo 2019. Foto-Kanal Kalimantan

bakabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah sektor bisnis di provinsi Kalimantan Selatan diprediksi ketiban berkah Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-XXVI.

Tahun ini, Kalsel terpilih menjadi tuan rumah. Terpusat di Banjarbaru, perayaan puncak Harganas digelar mulai 29 Juni mendatang.

Setelah sektor perhotelan yang kebanjiran pesanan kamar, kini giliran sektor lain seperti usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Selain hunian hotel mengalami peningkatan, sektor usaha mikro kecil dan menengah yang menghasilkan produk souvenir atau buah tangan juga mengalami pengaruh yang positif,” ucap Ekonom Kalsel, Mohammad Zainul kepada bakabar.com, Sabtu siang.

Setiap aktifitas berskala regional, nasional maupun internasional sudah pasti berimplikasi positif terhadap pergerakan roda perekonomian Kalsel.

Sektor pariwisata pun, sambung dia, akan ikut terpapar efek positif dan dengan sendirinya mengalami peningkatan yang signifikan.

Oleh sebab itu, tambah dia, pemerintah provinsi Kalsel hendaknya terus mendorong agar berbagai kegiatan yang berskala nasional bahkan internasional bisa diselenggarakan di Kalsel, khususnya Banjarmasin.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakueda) Provinsi Kalimantan Selatan, Aminuddin Latif setuju dengan pernyataan Zainul. Amin mengatakan, Harganas sudah pasti meningkatkan gairah ekonomi masyarakat Banua.

Perekonomian Kalsel, kata dia, lebih dinamis, seperti halnya okupasi hotel cukup signifikan, pembelian kuliner dan produk khas banua diharapkan juga meningkat.

“Pajak hotel dan restoran berkontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten atau kota. Hubungannya, sektor Pariwisata dengan PAD diharapkan juga demikian,” pungkasnya.

Baca Juga: Harganas XXVI di Kalsel, Sejumlah Kepala Daerah Tempati Best Western Kindai Hotel

Baca Juga: Berkah Harganas 2019 di Kalsel, Hotel Berbintang Laris Manis

Baca Juga:Kak Bimo Meriahkan Harganas Kalsel, Catat Tanggal dan Tempatnya

Baca Juga: Harganas 2019, Nikah Muda Tantangan Bahtera Rumah Tangga di Kalsel

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah

Komentar
Banner
Banner