Politik

Golkar Pede Usung Paman Birin Tanpa Partai Koalisi

apahabar.com, BANJARMASIN – Kontestasi politik jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel mulai terlihat. Partai Golongan Karya (Golkar)…

Featured-Image
H Sahbirin Noor. Foto-Dok. apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Kontestasi politik jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel mulai terlihat. Partai Golongan Karya (Golkar) telah mantap mengusung Sahbirin Noor.

Untuk mendampingi sang petahana itu, DPD Golkar Kalsel tinggal menjaring posisi wakil gubernur saja.

Mendapat 12 kursi untuk DPRD Kalsel di Pileg 2019 lalu, Golkar bisa mengusung Paman Birin mesti tanpa dukungan partai lain.

“Kami sudah melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan 13 kabupaten/kota,” ucap Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel H Supian HK, kepada bakabar.com belum lama ini.

Meski begitu, Golkar bukannya menutup diri pada partai koalisi. “Jika ada partai lain, kami tetap membuka. Biar koalisi berjalan dengan baik,” ujarnya.

Pertimbangan mengusung Paman Birin, kata Supian HK, lebih karena capaian 4 tahun masa kepemimpinannya di Kalsel. Namun, diakuinya tetap ada sejumlah program yang masih harus diselesaikan.

“Lima tahun pasti belum terpenuhi. Program akan selesai jika diberi kesempatan lagi,” katanya.

Wabilkhusus terkait pencalonan Paman Birin, dirinya mengklaim sudah ada pandangan dari DPP Golkar.

Capaian 12 kursi itu bisa menjadi magnet partai politik lain untuk membangun koalisi besar dengan Golkar. Dukungan ke Paman Birin mungkin tidak akan banyak bergeser pada 2020.

Untuk diketahui terdapat tiga pasang kandidat yang bertarung pada Pilgub Kalsel 2015, yaitu Zairullah Azhar-Muhammad Safi’i yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, dan Partai Nasional Demokrat (NasDem); Muhidin-Gusti Farid Hasan Aman yang maju melalui jalur independen; serta Sahbirin Noor-Rudy Resnawan yang diusung oleh Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Baca Juga: Pilkada 2020, DPD TMP Kalsel Sodorkan Tiga Nama Kandidat Wali Kota Banjarmasin

Baca Juga:Meraba Peta Perpolitikan di Pilkada 2020, Pengamat Ini Bocorkan 5 Strategi

Baca Juga: Paman Birin Usul Dana Cadangan Pilkada 2020

Baca Juga:Pilkada Kalsel, Gerindra Hati-Hati Tetapkan Calon Jagoan

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner