Tak Berkategori

Tanbu Siapkan 300 Ribu Hektar Dukung Pemindahan Ibukota

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menyatakan siap dan mendukung penuh daerahnya menjadi…

Featured-Image
Ilustrasi ibukota. Foto-JPNN

bakabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menyatakan siap dan mendukung penuh daerahnya menjadi ibukota negara menggantikan Jakarta.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan saat ini sudah menyiapkan tanah sekitar 300 ribu hektare,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, di Batulicin, Senin (27/5), dikutip bakabar.com dari Antara.

Dalam menyiapkan lahan seluas 300 ribu hektare tersebut pemerintah provinsi melibatkan beberapa kabupaten sebagai penyedia lahan yakni kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Kalau memang wacana pemindahan ibukota negara terealisasi, dan pusat pemerintahan berada di Kabupaten Kotabaru, maka imbas pengembangan pembangunan akan melebar ke Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. Begitu juga sebaliknya jika Tanah Bumbu yang menjadi pusat pemerintahan.

“Secara geografis dan geopolitik lokasi ketiga kabupaten tersebut sangat strategis bahkan untuk menuju Tanah Bumbu dari Pulau Jawa, Sumatera, Papua, Sulawesi menggunakan jalur laut maupun udara juga lebih dekat karena posisinya berada di tengah wilayah Indonesia,” kata Roswandi.

Berdasarkan kajian dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) wilayah yang akan dijadikan ibu kota negara harus strategis secara geografis, memiliki lahan yang luas, dan minim risiko bencana.

Dari ketiga modal yang disyaratkan oleh Bappenas sudah dimiliki oleh Kabupaten Tanah Bumbu tinggal menunggu pelaksanaan sari Pemerintah Pusat.

Menurut kajian Bappenas yang disampaikan ke pemerintah daerah pembangunan ibukota harus berada di kota yang sudah cukup berkembang dengan tujuan untuk meminimalkan kebutuhan pembangunan infrastruktur baru.

Faktor lain yang menguntungkan bagi Kabupaten Tanah Bumbu karena pemerintah pusat mencari wilayah yang berada dekat dengan laut lepas, seperti Laut Jawa dan Laut Sulawesi sebagai identitas Indonesia, yakni negara maritim.

“Pada dasarnya segala ketentuan terkait wacana pemindahan ibukota negara Kabupaten Tanah Bumbu sudah di nyatakan layak. Dan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Tanah Bumbu siap membantu segala apa yang akan diperlukan,” ungkapnya.

Baca Juga: Calon Ibu Kota Negara, Dewan Riset Daerah Siapkan Konsep Penguatan Kalteng

Baca Juga: Kata Sandiaga Uno Soal Pemindahan Ibu Kota Baru ke Kalimantan

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota Perlu Dukungan Politik

Baca Juga: Disiapkan untuk Lokasi Ibu Kota, Dewan Kalsel: Tidak Percaya Lahan Siap Tanpa Pembebasan

Baca Juga: Tanggapan Dewan Kalsel Terkait Ibu Kota Baru

Baca Juga: Kalteng Berbenah untuk Hadapi Rencana Pemindahan Ibu Kota

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner