Pemkab Tanah Bumbu

Ramadan Ride, dari Budaya Motor Urban hingga Merangkul Semua Komunitas Motor

apahabar.com, BATULICIN – Ramadan Ride merupakan event motor tahunan yang digagas oleh Tanah Bumbu Motorcycles Enthusiast….

Featured-Image
Ramadan Ride 2019 diikuti ribuan peserta dari Tanbu dan beberapa daerah di Kalsel. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Ramadan Ride merupakan event motor tahunan yang digagas oleh Tanah Bumbu Motorcycles Enthusiast. Tahun ini, Ramadan Ride sudah berusia lima tahun sejak pertama kali digelar pada 2015 oleh klub motor Gentlemans Custom Bike.

Saat pertama kali dilaksanakan, Ramadan Ride memang tak seramai sekarang. Saat itu Ramadan Ride hanya diikuti 200 motor dari klub motor CB, Street Cub, dan komunitas Vespa.

“Konsep awal Ramadan Ride saat itu memang hanya diikuti oleh budaya motor urban; custom dan classic dan diselenggarakan oleh Gentlemans Custom Bike,” ungkap salah seorang penggagas Ramadan Ride, Richie Petroza.

Pada perkembangannya, kata Richie, peminat Ramadan Ride semakin banyak. Lalu, diputuskan semua jenis motor diperbolehkan untuk ikut pada event tersebut.

Untuk menaungi semua klub motor yang ada di Tanah Bumbu, pihaknya juga mencetuskan istilah Tanah Bumbu Motorcycles Enthusiast (TME).

“Perlu digaris bawahi, TME bukanlah klub atau organisasi motor, tapi hanya nama yang mewakili seluruh biker Tanah Bumbu. Semua pengendara roda dua berhak menggunakan nama TME secara bertanggung jawab,” katanya.

Richie juga mengungkapkan sejak tahun kedua, event tersebut sudah mendapat support penuh oleh 69 Project. Tahun ini, misalnya. 69 Project menyediakan panggung yang minimalis, tapi mewah untuk mengcover kebutuhan hiburan live music.

Sementara itu, sejak dibuka di Kapet, Kecamatan Simpang Empat pada 15.00 Wita, Ramadan Ride 2019 diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang tak ketinggalan dilakukan adalah riding di jalanan.

Start dari kediaman H.Rois, ribuan bikers Ramadan Ride menempuh puluhan kilometer melewati sejumlah jalan-jalan protokol di Tanah Bumbu.

Setelah ribuan biker mengikuti riding di jalanan, mereka langsung diberikan hiburan live music dari beberapa band. Kegiatan sore hari itu diakhiri dengan tausyiah dan buka puasa bersama. Rangkaian kegiatan Ramadan Ride akan dilanjutkan kembali usai salat tarawih.

Baca Juga:Kegembiraan Buka Bersama Anak Berkebutuhan Khusus di SLBN Tanah Bumbu

Baca Juga:Sore Ini, Ribuan Bikers Kalsel Ngumpul di Tanah Bumbu

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner