Tak Berkategori

Legislator Ini Jamin Jalan Trans Kalimantan Memadai untuk Mudik

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua Komisi III DPRD Kalsel Supian HK berpendapat, jalan trans-Kalimantan dan jalan nasional…

Featured-Image
Jalan rusak akibat tambang di Nagara. Foto-Antara

bakabar.com, BANJARMASIN – Ketua Komisi III DPRD Kalsel Supian HK berpendapat, jalan trans-Kalimantan dan jalan nasional yang terdapat di Kalsel relatif memadai untuk angkutan mudik.

“Begitu pula jalan provinsi di Banua (daerah) kini relatif baik, sehingga tidak akan terlalu mengganggu angkutan mudik Idul Fitri 1440 Hijriah,” ujar politikus senior Partai Golkar itu di Banjarmasin, Kamis (30/5), dikutip bakabar.com dari Antara.

Ia mengemukakan pendapatnya sesudah menyertai safari Ramadan 1440 H Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor ke kabupaten di provinsi tersebut dalam dua pekan belakangan ini.

Sebagai contoh pada jalan nasional antara Tanjung (236 kilometer utara Banjarmasin), ibukota Kabupaten Tabalong dengan Paringin (217 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota Kabupaten Balangan, kini kondisinya cukup baik.

“Memang sebelumnya jalan antara Tanjung-Paringin itu rusak dan banyak lobang. Tetapi kini sudah ada perbaikan,” ujar Supian yang juga ketua Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalsel.

Dari informasi yang diterima wakil rakyat asal Dapil V/ Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong tersebut, kondisi jalan ke arah timur Kalsel juga relatif baik.

“Kalau pun ada yang rusak, kerusakannya tidak terlalu parah sehingga tidak terlalu mengganggu angkutan lebaran pula,” tuturnya.

Komisi III DPRD Kalsel bukan saja mengapresiasi, tetapi berterima kasih kepada pemerintah provinsi (Pemprov) setempat serta instansi terkait yang cepat tanggap melakukan perbaikan jalan yang mengalami kerusakan walaupun dengan cara tambal sulam untuk sementara waktu.

“Kita berharap dengan perbaikan jalan yang rusak tersebut angkutan Lebaran 1440 H di Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota berjalan lancar. Lebih dari itu, para pemudik aman dan selamat sampai tujuan hingga kembali,” demikian Supian HK.

Untuk diketahui, jalan nasional atau jalan trans-Kalimantan di Kalsel untuk arah Utara itu hingga wilayah Kaltim, serta beberapa kota kabupaten pedalaman Kalteng di hulu Sungai Barito.

Sedangkan jalan trans-Kalimantan di Kalsel yang mengarah timur juga mengakses ke “Bumi Mulawarman” Kaltim, dan arah barat menuju “Kota Cantik” Palangkaraya, ibu kota Kalteng atau “Bumi Tambun Bungai” dengan moto daerahnya “Isen Mulang” (pantang mundur).

Baca Juga: BPTD XV Siapkan Lima Posko Hadapi Mudik Lebaran, Berikut Titik Lokasinya

Baca Juga: Didukung Pemprov Kalsel, Payung Hukum Masyarakat Adat Menemukan Titik Terang

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner