Pemkab Tanah Bumbu

Dinas Pariwisata Tanah Bumbu akan Berikan Ruang Berkreasi untuk Komunitas Seni

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan memberikan wadah berkreasi bagi para pemuda di…

Featured-Image
Education Park Batulicin akan menjadi tempat digelarnya kegiatan seni dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu. Foto–apahabar.com/Puja Mandela

bakabar.com, BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan memberikan wadah berkreasi bagi para pemuda di Bumi Bersujud dengan melaksanakan even seni yang digelar secara rutin. Rencananya kegiatan ini akan mulai dilaksanakan pada 2020.

“Kami akan menyiapkan wadah untuk penyaluran bakat dan kreativitas. Ini juga sebagai upaya mendukung perkembangan pariwisata Tanah Bumbu,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanbu, Hamaluddin Taher, kepadabakabar.com, Senin (6/5/2019).

Rencananya, even seni itu akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali di Taman Education Park Batulicin. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata akan mendukung semua kebutuhan saat even dilaksanakan, dari kebutuhan alat musik hingga sound sistem.

Hamal berencana mengajak sejumlah komunitas yang ada di Bumi Bersujud, baik komunitas seni tradisional maupun kelompok seni modern. Meski tak menyebutkan nominal yang akan diberikan kepada setiap komunitas yang ikut berpartisipasi di even tersebut, tetapi Hamal mengindikasikan akan memberikan “reward” kepada setiap komunitas yang tampil.

Baca Juga: Kuntau, Satu dari Kesenian Lokal yang Dipertunjukkan SMKN 1 Paringin

“Mereka akan kami berikan apresiasi sesuai dengan kondisi anggaran yang sudah direncanakan,” jelas Hamal.

Menurut Hamal, even tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk menyalurkan bakat para pemuda sekaligus melakukan upaya pengembangan sektor wisata di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ke depan, lanjut Hamal, sektor wisata memang akan terus gencar dibangun oleh Pemkab Tanah Bumbu. Selain itu, Pemkab Tanah Bumbu juga berencana melakukan studi ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk mempelajari tata cara pengelolaan destinasi wisata yang baik.

“Apalagi Banyuangi gudangnya even. Intinya pemerintah akan terus melakukan pengembangan wisata dan akan terus melakukan evaluasi di setiap even dan melakukan pembenahan di setiap titik,” tandasnya.

Baca Juga: Wali Kota Banjarmasin Ajak Masyarakat Lestarikan Seni Qasidah

Reporter: Puja Mandela
Editor: Aprianoor

Komentar
Banner
Banner