Tak Berkategori

Pemilu di Kalsel Sukses, Namun Melelahkan

apahabar.com, BANJARMASIN – Secara umum pelaksanaan pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dilaksanakan serentak…

Featured-Image
Anggota polisi dan TNI ini tak kuasa menahan lelah dalam pelaksanaan 17 Pemilu 2019 tadi. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Secara umum pelaksanaan pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dilaksanakan serentak di Kalimantan Selatan berjalan sukses, baik, aman dan lancar. Hal ini tentu tak lepas dari peran berbagai pihak yang bekerja keras siang dan malam.

Pantauan bakabar.com, antusiasme masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya pemilu kali ini sangat besar. Pun demikian dengan para panitia pelaksana pemilu yang bekerja dari pagi hari hingga subuh.

Di tingkat bawah, para petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) merasakan lelahnya perjuangan. Mereka harus berjuang untuk menuntaskan penghitungan suara.

"Benar-benar melelahkan," kata Ketua PPK kecamatan Banjarmasin Selatan, H. Shafwani saat ditemui di Kecamatan Bansel, Jumat (18/4) siang.

Baca Juga: Pasca Pencoblosan, Banua Kondusif

Di wilayah Banjarmasin Selatan, sebut H Shafwani, waktu yang dihabiskan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) berbeda antara satu dengan yang lain. Hal ini sesuai dengan jumlah pemilih serta permasalahan di tiap TPS.

“Ada yang baru selesai habis Isya', ada yang selesai jam 5 subuh bahkan ada pula yang pagi baru selesai,” tuturnya.

Pada momen pemungutan hingga penghitungan suara, terang H Shafwani, petugas KPPS memiliki tugas cukup berat karena harus menuntaskan perekapan seluruh hasil pemungutan suara, surat suara presiden, DPR, DPD, hingga DPRD Provinsi dan kabupaten/kota.

Kondisi tak jauh berbeda dialami oleh petugas keamanan yang bertugas menjaga kondusifitas dan kenyamanan mulai dari hari pemungutan hingga penghitungan suara.

Mereka yang ditempatkan diluar kota, turut merasakan lelahnya bertugas mengamankan jalannya Pemilu. "Lelahnya luar biasa," ucap salah satu anggota Polda Kalsel yang ditempatkan di Wilayah Martapura, Kabupaten Banjar.

Namun demikian, ia mengaku tidak merasa keberatan apalagi menolak tugas yang telah diembannya. "Ini semua kita lakukan untuk mensukseskan Pemilu 2019," tandasnya.

Baca Juga: BPP Kalsel Ucapkan Terima Kasih

Reporter: Eddy Andriyanto
Editror: Syarif



Komentar
Banner
Banner