Tak Berkategori

Jelang Ramadan, Harga Bawang di Kalsel Kompak Naik

apahabar.com, BANJARBARU – Harga bawang merah dan bawang putih kompak naik di Kalimantan Selatan (Kalsel), jelang…

Featured-Image
Ilustrasi pedagang bawang. Foto-Harian Nasional

bakabar.com, BANJARBARU – Harga bawang merah dan bawang putih kompak naik di Kalimantan Selatan (Kalsel), jelang Ramadan 1440 Hijriah.

“Untuk bawang putih sekarang sudah mencapai harga Rp45 ribu per kilogramnya. Untuk bawang merah mencapai harga 40 ribu per kilogramnya,” ungkap Muslimah, salah satu pedagang di Pasar Bauntung Banjarbaru kepada bakabar.com, Kamis (25/4).

Untuk harga bawang putih kenaikan nyaris dua kali lipat atau menyentuh Rp45 ribu per kilogram. “Kalau biasanya 21 ribu per kilonya, saat ini bahkan mencapai angka 45 ribu per kilonya,” sambung Muslimah.

Kenaikan, kata Muslimah, sudah berjalan sekitar sebulan terakhir. Di mana untuk harga bawang merah yang biasanya Rp35 ribu, saat ini mencapai angka Rp45 ribu.

Kendati harga komoditas pangan seperti bawang merangkak naik. Namun, harga cabai, tomat dan lainnya masih terpantau normal.

Kepada bakabar.com, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Birhasani tak menampik adanya kenaikan sejumlah komoditas tersebut.

“Untuk di 13 Kabupaten Kota di Kalsel harga bawang memang kompak naik,” ujarnya seusai rapat koordinasi daerah TPID Kalsel, di Kantor Setdaprov Kalsel, Kamis (25/4).

Kenaikan, kata Birhasain diduga dipicu oleh masa transisi antara musim panen dan musim tanam kembali. Utamanya di beberapa daerah penyuplai seperti Jawa dan Sulawesi.

Kemungkinan pula, ditambah lagi terjadi gagal panen bawang merah di Provinsi NTT. Yang mana merupakan salah satu provinsi penyuplai bawang merah ke Banua.

“Untuk kenaikan bawang putih dikarenakan belum adanya pemerintah melakukan impor dari luar negeri tahun ini,” jelas Birhasani.

Saat ini, kata dia, Kalsel hanya ada stok lama dari tahun 2018. Sehingga stok bawang putih kurang dan mengakibatkan kenaikan harga.

Dinas Perdagangan sendiri berharap, Pemerintah Pusat segera mengimpor bawang putih. Sehingga saat Ramadan nanti, stok bawang putih bisa terpenuhi.

“Supaya harga dapat normal kembali, pasalnya untuk saat ini Indonesia masih mengandalkan impor Bawang putih sekitar 95 persen,” jelas dia.

Baca Juga:Update Harga Bawang di Banjarmasin

Baca Juga:Jelang Ramadhan, Harga 1 Kg Bawang Capai Rp40.000

Reporter: Ahc06
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner