Nasional

Ketika Kreasi Warga Binaan LPP Martapura Jadi Terbaik II di Pameran Produk Unggulan Narapidana 2019

apahabar.com, BANJARMASIN – Siapa bilang selama masa ‘sekolah’ di Lembaga Pemasyarakat tak bisa berkreasi. Tak percaya,…

Featured-Image
Suasana stand Kanwil Kemenkumham Kalsel di ajang Pameran Produk Unggulan Narapidana 2019 di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian, Jakarta. Foto-istimewa.

bakabar.com, BANJARMASIN – Siapa bilang selama masa ‘sekolah’ di Lembaga Pemasyarakat tak bisa berkreasi. Tak percaya, tengok saja ketika hasil kreasi warga binaan LPP Martapura jadi terbaik dua di Pameran Produk Unggulan Narapidana 2019, Jakarta.

Dalam ajang bertemakan “Produktivitas yang Berkualitas, Untuk Indonesia yang Berkelas” warga binaan pemasyarakatan (WBP) menggelar pameran produk unggulan narapidana (PUN).

Acara pameran tersebut digelar di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian Jakarta, Selasa (26/3) hingga Jumat (29/3) .

Tak mau ketinggalan, Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan juga ikut ujuk gigi. Meramaikan acara itu, dengan membawa produk pangan dari LPP Martapura. Produk yang ditampil cukup sederhana, yakni berupa amplang, saluang crispy, dan abon haruan. Semuanya, khas Banua.

Rupanya produk olahan warga binaan itu dengan jumlah ratusan, habis diborong pengunjung pameran.

Tak ketinggalan di ajang ini Kemenkumham Kalsel juga memperlihatkan kerajinan tangan sasirangan dan souvenir lainnya. Lagi-lagi rupanya menarik perhatian pengunjung.

Terbukti kerja keras warga binaan di bawah naungan Kanwil Kemenkumham Kalsel mendapatkan penghargaan sebagai Terbaik II produk pangan pada Pameran Produk Unggulan Narapidana Tahun 2019.

Baca Juga: Ke Jepang, Pemprov Tawarkan Proyek Kereta Api Kalsel

“Saya merasa bangga dan bersyukur atas prestasi yang telah diraih. Semoga tahun depan kita bisa berpartisipasi kembali dan meraih prestasi lagi di kategori lainnya,” ujar Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Alfi Zahrin Keimas.

Menurutnya penghargaan itu dapat memicu warga binaan di semua UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan, agar dapat meningkatkan peran pembinaan warga binaan pemasyarakatan.

“Penghargaan ini menjadi salah satu bekal semangat kita dalam memberikan pembinaan yang berkualitas dan mampu menjadikan warga binaan mandiri dan lebih produktif,” terangnya.

Penghargaan ini, lanjut Alfi juga tidak luput dari usaha dan kerja keras bersama seluruh jajaran petugas LPP Martapura, untuk menjadi yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada warga binaan dan masyarakat.

Selain ajang promosi produk unggulan, kegiatan pameran ini juga bertujuan untuk motivasi dan semangat agar mereka dapat berinovasi dalam menciptakan produk-produk terbaik dari tangan warga binaan. Khususnya melalui wadah berkreatifitas di lembaga pemasyarakatan.

Pameran Produk Unggulan Narapidana, merupakan agenda tahunan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Setiap pelaksanaan eventnya diharapkan akan ada peningkatan-peningkatan produktifitas dari lembaga pemasyarakatan seluruh Indonesia.

Baca Juga: Kemenko Polhukam akan Tinjau Palangkaraya Sebagai Ibu Kota Pemerintahan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner