Nasional

Gempa Magnitudo 6,3 di Jailolo Terasa Hingga Manado

apahabar.com, JAKARTA – Kembali gempa terjadi, kali ini mengguncang Jailolo, Maluku Utara. Gempa bermagnitudo 6,3 terasa…

Featured-Image
Ilustrasi gempa. Foto-Dok

bakabar.com, JAKARTA - Kembali gempa terjadi, kali ini mengguncang Jailolo, Maluku Utara. Gempa bermagnitudo 6,3 terasa hingga wilayah Manado.

Informasi tentang gempa M 6,3 Jailolo, Maluku Utara itu disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Minggu (24/3/2019). Dari rilis BMKG, gempa berkedalaman 10 km dan dilaporkan itu terjadi pukul 11.37 WIB. Gempa terasa hingga ke beberapa wilayah dengan intensitas beragam.

“Dirasakan (MMI) III Ternate, III Weda, III Jailolo, III-IV Manado, III-IV Tondano, III-IV Bitung, II-III Tahuna, II-III Siau, II-III Bolang,” tulis BMKG seperti dilansir detikcom.

Baca Juga: Terobsesi Jadi Pilot, Mahasiswa Ini Ditangkap

Skala MMI II artinya getaran gempa dirasakan beberapa orang serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala III artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu dan skala IV MMI artinya gempa pada siang hari dirasakan banyak orang di dalam rumah, beberapa orang di luar dan bahkan bisa membuat gerabah pecah atau jendela dan pintu berderik hingga dinding rumah berbunyi.

Gempa terjadi di 139 km barat laut Jailolo, Malut. Belum ada laporan dampak dari gempa tersebut. Untungnya bencana itu diyakini tak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Poso Digoyang Gempa M 5,7 Pagi Tadi

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner