Tak Berkategori

Empuknya Sate Hadori Bandung

apahabar.com, BANDUNG – Bagi pecinta kuliner hal pertama ketika menginjakkan kaki di Kota Bandung adalah berwisata…

Featured-Image
Sate Kambing Hadori Bandung diracik khusus hingga rasanya pun empuk. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANDUNG – Bagi pecinta kuliner hal pertama ketika menginjakkan kaki di Kota Bandung adalah berwisata makanan khas.

Salah satu kuliner malam di Kota Paris Van Java adalah Sate Hadori. Rumah makan Sate Hadori ini berlokasi di Jalan Soekarno Hatta Nomor 590, Sekejati, Buahbatu,Bandung.

Rumah makan sate kambing ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1940. Adalah Kakek Inung dan Nenek Una yang memulai usaha sate kambing khas Garut di kota asalnya ini, tepatnya di Pasar Baru Garut.

Setelah itu keduanya pindah ke Bandung dan berjualan sate kambing di sekitar Lapangan Tegalega. Usaha sate kambing gerobakan ini terbilang sukses hingga keduanya memindahkan usaha ke sebuah kios di dekat Stasiun Bandung.

Singkat cerita, kepergian Kakek Inung pada 1960-an membuat usahanya dilanjutkan anak serta menantu bernama Hadori. Nama usahanya pun berganti dari Sate Inung menjadi Sate Hadori.

Baca Juga:Penasaran Soto Banjar, Yakob Sayuri Juga Rindu Kuliner Papeda Khas Papua

img

Seporsi sate Hadori. Foto-bakabar.com/Rizal Khalq

Keistimewaan sate kambing di sini adalah satenya dijamin empuk. Potongan daging dan lemaknya juga besar-besar. Pengelola sate Hadori, menceritakan rahasia keempukan sate kambing.

“Kami pakai kambing betina berusia 1-1,5 tahun. Khususnya yang dipakai paha belakang lebih empuk dari paha depan,” ujarnya kata pengelola. Tidak hanya itu tiap tusuk sate kambing berisi 3 potongan daging plus 1-2 potong lemak

Uniknya pengunjung bisa melihat sendiri proses peracikan sate saat bersantap di rumah makan ini. Selain sate kambing biasa, Sate Hadori punya menu favorit yaitu sate sinereut. Berupa sate berbahan has dalam kambing yang super empuk.

Tiap porsi Sate Hadori disajikan dengan pelengkap sambal kecap dengan irisan bawang merah, cabe dan bumbu kacang. Harganya sendiri berkisar Rp 50-70 ribu per porsi.

Sate Hadori buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga pukul 01.00 dinihari bahkan tak jarang 24 jam tergantung ketersediaan daging. Setiap harinya rata-rata mereka menyediakan 70 kilogram daging kambing, sapi dan ayam.

Bahkan Presiden Jokowi pernah mampir dan mencoba makanan sate Hadori saat bertolak ke Kota Bandung, tepatnya pada November 2018 lalu.

Baca Juga:Wajib Coba Nih 7 Kuliner Khas Sulawesi Selatan

Reporter: Rizal KhalqiEditor: Syarif



Komentar
Banner
Banner