Nasional

Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021

apahabar.com, JAKARTA – Kabar baik untuk para pencinta MotoGP di Tanah Air. Indonesia dipastikan akan menjadi…

Featured-Image
Ilustrasi Moto GP. Foto-ridersdomain.com

bakabar.com, JAKARTA – Kabar baik untuk para pencinta MotoGP di Tanah Air.

Indonesia dipastikan akan menjadi tuan rumah MotoGP sejak musim 2021. Kesepakatan menggelar MotoGP sudah dikantongi untuk durasi tiga musim.

Lantas, di mana sirkuitnya? Dikabarkan, sirkuit di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, yang menjadi lokasinya.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer mengatakan, ITDC sudah menandatangani Promotor’s Agreement dengan Dorna Sport SL selama tiga tahun menggelar balapan. Dorna Sport SL adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP.

“Ya,” jawabnya singkat dikutip dari detikSport, Kamis (21/2).

Abdul menambahkan, dirinya meminta semua pihak menunggu pengumuman resmi. Dorna Sport SL dikatakannya akan segera membuat pengumuman Indonesia menggelar MotoGP.

“Besok akan ada world announcement oleh Dorna SL,” ungkapnya.

Dilansir Mojok.co, Promotor's Agrement ditandatangani pada 29 Januari 2019 lalu di markas Dorna Sport SL di Madrid, Spanyol. Perjanjiannya selama tiga tahun dengan opsi perpanjangan.

Sirkuit yang direncanakan akan menjadi arena balap nantinya bukanlah Sentul, melainkan sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

"Bukan sirkuit tertutup yang akan kami bangun, tapi Street Race Circuit seperti di Singapura dan Monaco. Indonesia menjadi venue ke-21, rangkaian balap MotoGP dalam setahun, dan satu-satunya yang berkonsep Street Race Circuit. Sebelumnya, kami berkompetisi dengan calon penyelenggara dari Brasil."

Untuk mendukung rencana tersebut, pembangunan besar-besaran di kawasan Mandalika pun sekarang mulai dikebut. Sebab untuk bisa menjadi tuan rumah, butuh fasilitas pendukung seperti akomodasi dan transportasi yang baik.

Jika kelak Indonesia benar-benar menjadi tuan rumah MotoGP, maka tentu saja hal tersebut akan menjadi berkah yang sangat menyenangkan, utamanya bagi para penggemar dunia balap.

Sebab selama ini, masih menurut Mojok.co,rencana Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP kembali (terakhir tahun 1997) sudah berkali-kali gagal karena berbagai sebab, dari mulai kurangnya dana, regulasi, sampai kelayakan sirkuit.

Yah, semoga tahun 2021 mendatang, Indonesia benar-benar menjadi tuan rumah MotoGP.

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner