Pemkab Tanah Bumbu

Kapan PJU Smart System Difungsikan? Ini Kata Dinas PUPR Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tanah Bumbu (PUPR Tanbu) sedang melakukan…

Featured-Image
Sejumlah PJU Led Smart System yang dipasang di Jalan Lingkar Batulicin. Foto-apahabar.com/Puja Mandela

bakabar.com, BATULICIN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tanah Bumbu (PUPR Tanbu) sedang melakukan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) Led Smart System di Jalan Lingkar Batulicin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanbu, melalui Kabid Bina Marga, Hernadi, mengatakan PJU Led Smart System tersebut akan mulai difungsikan pada akhir Maret 2019.

“Insya Allah akhir Maret sudah menyala,” ujar Hernadi, kepada bakabar.com, Minggu (20/1/2019).

Baca Juga: Dari Tanah Bumbu, Dukungan Politik Mengalir ke Jokowi-Ma'ruf Amin

PJU Led Smart System merupakan jenis PJU modern yang dapat dikontrol dari jarak jauh lewat aplikasi Android. Hernadi menjelaskan, selama ada jaringan internet, PJU tersebut bisa dikendalikan.

Lewat ponsel Android, operator bisa mengatur tingkat kecerahan lampu sampai waktu menyala dan waktu padam. Semuanya bisa diatur sesuai kebutuhan. Jika ada lampu yang padam atau rusak, lanjut Hernadi, juga bisa langsung diketahui.

Pengeluaran biaya dalam sebulan juga dapat diukur dengan mudah. Sebab, persentase pemakaian energi setiap hari sudah diketahui lewat aplikasi Android.

Penggunaan PJU Led Smart System ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat setempat.

Mahrip, warga Desa Sepunggur, merasa terbantu dengan keberadaan PJU tersebut. Sebab, selama ini kawasan Gunung Tinggi termasuk rawan dan sering terjadi aksi kriminalitas. Ia berharap keberadaan PJU akan meminimalisir tindak kejahatan yang terjadi.

Baca Juga: Ditelantarkan, Istri Ketujuh Bekas Camat Tanah Bumbu Lapor Polisi

“Kalau soal kecanggihannya, ya, bagus saja. Tapi, yang penting daerah sini ada penerangannya kalau malam hari,” kata Mahrip, yang sehari-hari berprofesi sebagai petani sayur.

Saat ini sejumlah pekerja masih terus memasang tiang-tiang PJU di kawasan Jalan Lingkar Batulicin. Jumlah tiang yang akan dipasang berjumlah 422 tiang PJU.

Baca Juga: Tanah Bumbu Bangun SDM Melalui Revolusi Mental

Reporter: Puja Mandela
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner