Nasional

CVR Lion Air Diangkat dari Dasar Laut Tertutup Lumpur 8 Meter

apahabar.com, JAKARTA – Akhirnya Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP ditemukan. Tim penyelam sudah mengangkat…

Featured-Image
Ilustrasi perairan puing pesawat. Foto-dok.Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub

bakabar.com, JAKARTA - Akhirnya Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP ditemukan. Tim penyelam sudah mengangkat CVR Lion Air dari dasar laut yang tertutup lumpur sedalam 8 meter.

“Tim penyelam Angkatan Laut, dalam hal ini Koarmada I yang terdiri dari Dislambair dan Kopaska berhasil menemukan tadi pagi pukul 9 lebih 10 menit. (CVR) Itu berada di bawah kedalaman 30 meter tapi berada di bawah lagi 8 meter. Jadi dasar laut 8 meter lagi karena di dasar laut ketutupan oleh lumpur,” ujar Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho, di Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (14/1/2019).

“Sementara ini posisi masih ada di sana, sudah dinaikkan,” imbuhnya seperti dirilis detikcom.

Pencarian CVR Lion Air disebut Agung dipimpin Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Ada dua KRI yang dikerahkan dalam pencarian yang dimulai awal Januari.

Baca Juga:Kemenhub Naiknya Harga Tiket Pesawat Masih Dalam Batas Wajar

“Satgas pencarian ini pimpinannya KNKT. Sudah dibentuk atau diterjunkan mulai dari 8 Januari. Ini hari keenam dan Alhamdulillah berhasil menemukan,” sambungnya.

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di perairan Karawang pada Senin, 29 Oktober. Total ada 189 orang penumpang dan kru pesawat tujuan Pangkalpinang tersebut.

KNKT sudah menganalisis data dari FDR black box. Ada temuan airspeed indicator Lion Air PK LQP yang rusak dalam empat penerbangan terakhir PK-LQP. Namun temuan itu belum dapat disimpulkan sebagai penyebab kecelakaan JT 610. KNKT melanjutkan penyelidikan.

Ditemukan juga soal kerusakan sensor AOA (angle of attack), pengukur sudut pesawat terhadap aliran udara. Sensor AOA menunjukkan perbedaan pada saat penerbangan sebelum JT 610, yaitu dari Bali ke Jakarta.

Baca Juga:Beredar Petisi Minta Harga Tiket Pesawat Diturunkan

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner